Gresik, (bisnissurabaya.com)- Beragam kuliner mulai jajanan hingga makanan utama kini dijual di Gresik. Namun, ada salah satu jajanan kekinian yang tampaknya begitu digemari anak muda. Yakni hotdog kentang/hotang. Menu hotdog yang sudah lama favorit banyak orang, ini memiliki daya tarik tersendiri bagi penikmat kuliner.

Hotang, hotdog yang diapit dengan kentang ini memiliki keunikan tersendiri. Sehingga menjadi tenar dan banyak peminat. Jajanan dari Korea ini menjadi menu unik yang wajib dicicipi kalangan anak-anak, remaja hingga dewasa. Seperti namanya, hotdog kentang, sebenarnya jajanan yang terbuat dari sosis, mozarela yang ditusuk lalu dibaluri adonan tepung, kemudian ditambahkan kentang goreng atau french fries menambah kenikmatan rasa tersendiri.

Rasa yang sebenarnya lebih dominan dari kentang goreng dan sosis ini terasa gurih. Rasa yang tak terlalu kuat membuat jajanan ini pas jika ditambahkan saos sambal dan mayonaise. Sehingga, rasa asam dan gurih membuat rasanya lebih enak.

Seperti Indiyana Dwi, yang berinisiatif membuat Hotang dan menjualnya melalui media online seperti, whatsapp, instagram. “Saya membuat Hotang awalnya, cuma coba-coba. Ternyata dari coba-coba banyak yang minat akhirnya saya jual,” kata Indi, kepada bisnissurabaya.com, di Gresik Rabu (18/9).

Remaja yang berusia 19 tahun, ini mengatakan, ide membuat jajanan ini didapatkannya melalui youtube. Wanita dua bersaudara ini memiliki inisiatif untuk membuat dan dijual. Benar saja, Hotang yang dijualnya banyak disukai pembeli, sehingga banyak juga peminatnya.

Soal varian rasa Hotang yang tidak hanya berisi sosis, tetapi, ada juga yang berisi ful mozarella hingga sosis dan mozarella, yang membuat rasanya nikmat dan, banyak disukai remaja. Meski demikian, harga yang diberikan cukup terjangkau sekitar Rp 15.000 hingga Rp 20.000 per dua tusuk. Dengan demikian, dalam sehari remaja cantik ini mampu memproduksi 80 tusuk Hotang. (ayu)