Gresik, (bisnissurabaya.com)- Nasihat orang tua sangat mujarab. Hal itu dirasakan Putra Saktian Jaya Aziz, siswa kelas XI SMK N 5 Surabaya. Berkat dukungan dan motivasi sang ayah, remaja gaul ini akhirnya meraih juara pertama Kejuaraan Persinas Asad Kabupaten Gresik 2017 lalu.

Putra Saktian Jaya Aziz, yang lahir di Gresik,  28 Januari 2003 ini menjuarai Persinas Asad tingkat kota/kabupaten pada 2017. Remaja berusia 16 tahun ini mulai mengikuti Persinas Asad saat masih bocah. Dia pun mendapat motivasi dari ayahnya Maulidin Aziz.

Awalnya anak ketiga dari empat bersaudara pasangan Maulidin Aziz dan Suliyanti, ini memiliki hobi bermain sepakbola. Hanya saja, olahraga ini tidak disukai orangtuanya. ‘’Ayah saya mendukung olahraga beladiri,’’ kata Putra, kepada bisnissurabaya.com Rabu (4/9) kemarin. Karena itu, jadwal latihan beladiri Asad, dicatat orang tuanya.

Atas restu dan dukungan ayahnya ini, akhirnya Putra yang bertempat tinggal di Tlogo Bedah Hulaan Menganti Gresik ini sering menjuarai lomba Asad. Diantaranya, juara I Kejuaraan Persinas Asad Kabupaten Gresik, dan juara III Piala Danrem Kabupaten Gresik. “Jujur yaaa….., saya saat ini mengikuti Asad untuk menjaga diri dari musuh. Ehhhh….., ternyata malah meraih prestasi,” kata cowok kece ini.

Sekedar diketahui, beladiri Asad, tergabung dalam Persatuan Silat Nasional Ampuh Sehat Aman Damai/Persinas Asad. Secara historis Asad tidak ada keterikatan dengan perguruan silat yang ada di Indonesia. Meski demikian, ada beberapa aliran silat yang memperkaya teknik, seni dan beladiri Persinas ASAD. Diantaranya, Cimande, Pencak Paten, Cikalong, Cikaret, dll. (ayu)