Surabaya, (bisnissurabaya.com)- Orang tua mana yang tak bangga dan bahagia, saat melihat anaknya meraih prestasi. Apalagi, dalam sebuah lomba bergengsi tingkat internasional. Perasaan itulah, yang dirasakan Leo Mulya, saat tim yang dipimpin anaknya memenangkan lomba International Science Information Fair (ISIF) yang digelar 21-23 bulan lalu di Bali.

“Alhamdulilah, Rafi Ilham dan kawan – kawannya SMP N 4 berhasil memenangkan event tersebut,” kata Leo Mulya, orang tua Rafi Ilham kepada bisnissurabaya.com beberapa waktu yang lalu. Event internasional ini diikuti beberapa negara seperti Malaysia, Filiphina, Vietnam, Turki, dan Jerman. Rafi Ilham, memimpin satu team yang berjumlah 5 orang siswa dari SMP N 4 Surabaya untuk bertarung membawa nama Indonesia.

“Pada lomba tersebut Rafi, menciptakan smart pot. Yaitu, pot yang dapat menyiram secara otomatis,” ujar Leo Mulya, mendampingi Rafi Ilham. “Kami berterima kasih kepada Rektor Universitas Widya Kartika (Uwika) F Priyo yang menugaskan Agus Prayitno, sebagai pendamping dan pengarah,” jelas Leo Mulya.

Uwika sudah membekali mereka dengan life science, bio teknologi, dan information teknologi. “Tim yang dipimpin Agus, tidak hanya mengarahkan, tetapi membantu dalam membuat produk,” tambah warga Girilaya ini. Selama ini Uwika Surabaya memang dikenal sebagai universitas yang peduli terhadap pengembangan SMP dan SMK dibidang teknologi.

Karena itu, Leo dan Rafi, merasakan betapa besar pengorbanan, kesungguhan dan kerja keras yang dilakukan Uwika atas pencapaian prestasi ini. (nanang)