Surabaya,(bisnissurabaya.com) – Syaiful Aidy, tersangka jaring aspirasi masyarakat/Jasmas 2016 langsung ditahan tim Pidana Khusus/Pidsus Kejari Tanjung Perak, Selasa (3/9) kemarin. Mantan anggota DPRD Surabaya periode 2014-2019 ini ditahan setelah menjalani serangkaian penyidikan lanjutan sebagai tersangka. Saat diborgol menuju mobil tahanan dengan mengenakan rompi berwarna pink.

‘’Tim Pidsus Kejari Tanjung Perak telah melakukan upaya hukum terhadap Pak Syaiful, tersangka kasus Jasmas dengan cara jemput paksa dari kediamannya,” kata Kasi Intel Kejari Tanjung Perak, Lingga Nuari. Menurut Lingga, jemput paksa terhadap politisi PAN tersebut terpaksa dilakukan. Sebab tersangka Syaiful, sudah tiga kali mangkir dari penyidikan.

“Alasan jemput paksa sudah sesuai SOP, karena sudah tiga kali dipanggil selalu mangkir,” katanya. Sementara, sumber internal di kantor Korps Adhyaksa, menyebutkan, Syaiful Aidy, ditahan di cabang Rutan Klas I Surabaya di Kejati Jatim selama 20 hari kedepan. Syaiful Aidy, adalah tersangka kasus Jasmas 2016 yang juga mantan anggota DPRD Surabaya periode 2014-2019.

Syaiful Aidy, ditangkap Tim Gabungan dari Pidsus, Intel dan Datun Kejari Tanjung Perak di rumahnya kawasan Simo Surabaya. Tim dari tiga seksi jajaran Kejari Tanjung Perak terpaksa melakukan jemput paksa terhadap Syaiful lantaran selalu mangkir bila dipanggil. Dalam kasus ini tak hanya Syaiful Aidy, ada juga Dini Rijanti. Bahkan, tersangka Ratih Retnowati, masih menjabat anggota DPRD Surabaya periode 2019-2024.

Ratih Retnowati dan Dini Rijanti berasal dari Partai Demokrat dan Syaiful Aidy , dari PAN ini telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejari Tanjung Perak sejak 19 Agustus lalu. Sebelumnya, masih dalam kasus yang sama ada juga tiga mantan anggota DPRD Surabaya yang sudah ditahan. Mereka adalah Sugito dari Partai Hanura, Darmawan Partai Gerindra dan Binti Rochma asal Partai Golkar. (ton)