Gresik, (bisnissurabaya.com) – Kabupaten Gresik kini memiliki anggota dewan baru. Mereka telah disumpah dan secara resmi menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab. Gresik periode 2019 – 2024. Sebanyak 50 anggota DPRD terpilih periode 2019-2024 dilantik sebagai legislator Kabupaten Gresik. Mereka diambil sumpah oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Gresik, Fransiskus Arkadeus Ruwe di ruang rapat paripurna gedung DPRD Gresik, Jumat (23/8).

Adapun susunan komposisi DPRD Gresik pada periode ini adalah PKB 13 kursi, Gerindra 8 kursi, Golkar 8 kursi, PDIP 6 kursi, Nasdem 5 kursi, Demokrat 4 kursi, PAN 3 kursi dan PPP juga 3 kursi. Dari jumlah 50 ini terdiri dari 32 anggota merupakan wajah lama dan 18 wajah baru.

Seorang legislator yang terjerat kasus hukum tetap dilantik bersama 49 anggota dewan lainnya untuk masa periode 2019-2024. Tentang maslah ini Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Gresik Darmawan menuturkan, sesuai dengan aturannya yang bersangkutan tetap berhak mengikuti pelantikan

Usai dilantik, Mahmud kembali ke rumah tahanan (Rutan) Banjarsari Cerme, Gresik dengan dikawal petugas. Pasalnya, saat sidang di Pengadilan Negeri (PN) beberapa hari lalu telah divonis dua tahun penjara. “Soal proses hukum diserahkan internal partainya. Sebab, saat ini belum ada proses pergantian antar-waktu atau PAW, dan Mahmud tetap bisa mengikuti pelantikan,” tambah Darmawan.

Pengambilan sumpah anggota dewan terpilih periode 2019-2024 dihadiri Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto, Wabup Gresik M Qosim, Dandim 0817 Letkol Inf Budi Santoso, Kapolres Gresik AKBP Wahyu S.Bintoro, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Ketua Parpol. Serta tampak pula sejumlah keluarga dan kerabat para anggota.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto membacakan sambutan tertulis dari Gubernur Jawa Timur. “Perjuangan telah menanti, bersinergilah dengan eksekutif dan instansi terkait unutk mewujudkan aspirasi masyarakat,” pesan Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Keberhasilan yang telah dicapai pada periode sebelumnya agar bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi.

Bupati Sambari sendiri menambahkan pihaknya sangat berterima kasih kepada anggota dewan yang lama, karena telah bersinergi dalam pembangunan serta APBD terus meningkat.
Tahun ini, lanjut bupati, Pemkab Gresik menargetkan APBD sebesar Rp 3,4 triliun. Dan diharapkan tercapai dengan bersinergi anggota dewan yang terpilih.

Salah seorang anggota dewan, Asluchul Alif dari Partai Gerindra menuturkan pihaknya siap mengemban aspirasi masyarakat. “Kami siap bersinergi dengan pihak eksekutif dan instansi, lembaga serta badan terkait,” tandas pria yang juga berfrofesi dokter ini. (sam)