Surabaya, (bisnissurabaya.com)- Biasanya kopi hanya memiliki rasa manis atau pahit. Kadang kala hanya dicampur susu dan menjadi produk kopi susu atau capuchino. Namun, di tangan Imam, lelaki asal Wonosalam Jombang, minuman warna hitam ini dikembangkan menjadi produk yang memiliki citarasa berbeda. Yakni, kopi fruty (rasa buah).

“Kopi Asisa pelopor kopi rasa buah di Jatim, rasanya enak dan menyegarkan,” kata Owner kopi Asisa Imam, kepada Bisnis Surabaya beberapa waktu yang lalu. Kopi buatan Imam, berupa kopi shaker, diberi nama Kopi Asisa, dan  di pasarkan secara ofline dan online. Dia memiliki pelanggan  sampai keluar kota, seperti Jakarta, Bandung, dan Denpasar.

“Alhamdulilah, kami sudah mengikuti berbagai pameran di beberapa kota. Disana kami mendapatkan beberapa pembeli potensial,” jelas penikmat kopi tubruk ini. Selain memproduksi kopi buah, Imam, juga mulai mengembangkan difersivikasi usaha berupa produk sabun dan teh. “Kami juga memproduksi sabun srunen yang berbahan kopi dan teh kaskara yang berbahan kulit kopi,” tambah Imam.

Dia berharap, kedepan pemerintah lebih serius melakukan pendampingan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kopi. Karena selama ini hanya terkesan seremonial dan formalitas saja. Belum menyentuh esensi yang dibutuhkan pelaku usaha kopi. (nanang)