Surabaya, (bisnissurabaya.com)-Kerusuhan di Papua yang diduga dipicu kejadian di Surabaya dan Malang mendapat perhatian semua pihak. Baik pemerintah pusat, Jawa Timur/Jatim maupun Papua Barat dan Papua. Untuk mencari upaya penyelesaian terbaik, Staf Khusus Presiden untuk Papua, Lenis Kogoya, bertandang di Grahadi Surabaya  Selasa (20/8) sore.

Kedatangan Lenis Kogoya, disambut langsung Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, dan Wakil Gubernur Emil Dardak, serta Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan. Gubenur Khofifah, mengungkapkan, diplomasi kuliner yang dilakukan dengan menyajikan makanan khas Papua berupa Papeda.

Yakni, makanan khas Papua berupa bubur sagu yang disajikan dengan ikan tongkol atau mubara bumbu kunyit kaya serat rendah kolesterol dan cukup bernutrisi. “Menu inilah yang saya sajikan secara khusus untuk menyambut Lenis Kogoya, saat berkunjung ke Grahadi,” kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini sudah kenal dan bersaudara cukup lama dengan Lenis Kagoya. Bahkan, saat masih menjabat Mensos, Khofifah, pernah  berkunjung ke rumah adat Lenis di Wamena. (nanang)