Gresik, (bisnissurabaya.com) – Merayakan Hari Ulang Tahun/HUT Republik Indonesia/RI ke-74 dimanfaatkan warga Desa Laban. Diantaranya, mengadakan berbagai lomba yang diselenggarakan dengan kreativitas panitia Karang Taruna/Katar RT 11. Aneka jenis lomba yang digelarpun cukup unik dan seru.

“Saya mengadakan acara ini untuk meningkatkan kerukunan dan rasa nasionalisme warga, agar kompak,” kata Ketua RT 11, RW 05 Desa Laban, Nurmalasari, kepada bisnissurabaya.com Minggu (18/8) kemarin.

Ada lomba yang lazimnya diselenggarakan tingkat kampung. Diantaranya, lomba makan kerupuk, mengambil karet dalam tepung menggunakan sedotan, balap kelereng, mengambil koin yang ditancapkan pada buah semangka dilumuri cream. Sedangkan remaja dan orang tua juga disediakan lomba bola terong, sunggih tempeh, cantol caping, yang terakhir kepruk kendi.

Selain lomba, peringatan kemerdekaan 17 Agustus biasanya juga didahului dengan kerja bakti pada setiap RT, RW, kelurahan, kecamatan bahkan perkantoran dan sekolah-sekolah. Seperti, membersihkan selokan got, mengecat rambu-rambu jalan dan memasang bendera merah putih pada setiap rumah selama satu bulan/Agustus. (ayu/siswa magang)