Sumenep, (bisnissurabaya.com) – Sumenep adalah salah satu kabupaten di Pulau Madura yang wilayahnya merupakan kepulauan. Karena itu, untuk melayani kebutuhan fasilitas kesehatan yang dapat menjangkau seluruh wilayah yang ada di sana, diperlukan sebuah rumah sakit terapung berbentuk kapal.

Rumah Sakit/RS bantuan dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perhubungan tersebut telah diserahkan kepada Pemerintah Jawa Timur/Jatim untuk di tempatkan di Sumenep. Ini adalah pilot project dan merupakan RS terapung merangkap penumpang yang pertama di Indonesia.

“Sungguh hadiah ulang tahun kemerdekaan RI ke-74 yang sangat bermakna bagi masyarakat kepulauan di Sumenep,’’ kata Gubernur Jatim, Kofifah Indar Parawansa, kepada bisnissurabaya.com Kamis (15/8). Dengan hadirnya RS terapung ini diharapkan dapat memberikan layanan kesehatan yang lebih berkualitas kepada masyarakat yang hidup di kepulauan dan daerah  terpencil di Jatim.

Terlebih Sumenep memiliki ratusan pulau yang terpencar-pencar.  “Terimakasih Menhub dan Menkes yang merespon permohonan kami dalam waktu yang sangat cepat,” tambah Ketua Umum PP Muslimat ini. (nanang)