Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) –  Sebuah mushola di Sidoarjo dirubah seperti layaknya wahana wisata. Bahkan, penuh beragam gambar lukisan, pesan moral dan simbol pemersatu bangsa. Tak ayal, para jamaah maupun warga sekitar, yang hendak menunaikan ibadah sholat, kemudian berswafoto. Lukisan ini sengaja dibuat supaya jamaah maupun warga sekitar semakin meningkatkan ibadahnya serta tetap menjaga kerukunan dan persatuan bangsa. Seperti yang tertuang dalam bhineka tunggal ika.

Pengelola Musholla, Abu Said Kudri, mengatakan, mushola ini dari depan, memang tak nampak layaknya mushollah pada umumnya. Karena terdapat beberapa lukisan, bendera Indonesia, ormas islam dan kolam ikan yang memiliki pesan moral, yaitu tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Mushola Padepokan Utek Leso, yang berada di Desa Modong Kecamatan Tulangan Sidoarjo ini, juga diyakini warga membawa ketenangan dan kesejukan tersendiri usai beribadah di tempat ini.

Selain terdapat beberapa pesan moral dan ajakan menjaga NKRI harga mati, juga digunakan sebagai ajang berswafoto para jamaah maupun masyarakat sekitar. Warga mengaku senang dapat beribadah dan berswafoto disini. Menurutnya, baru kali ada ini mushollah dengan konsep pemersatu bangsa, yang mana setiap harinya selalu didatangi warga atau jamaah untuk berdzikir, doa bersama dan mengaji kitab.

Pengelola sengaja membuat ide ini secara spontan untuk menarik minat warga supaya rajin ibadah sholat, serta dapat menghargai satu sama lain, meski berbeda golongan. mengingat bahwa Indonesia merupakan bangsa yang besar dan beraneka ragam suku, ras, agama dan budaya. (agung/stv)