Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) –¬†Belasan penerbang Tentara Nasional Indonesia/TNI AL dengan menggunakan pesawat militer menggelar aksi tabur bunga di landasan pacu, runway Bandara Internasional Juanda. Selain digelar dalam rangka memperingati Hut landasan udara TNI AL Juanda, aksi ini juga sebagai upaya untuk mengenang jasa pahlawan dan mengembalikan fungsi bandara juanda sebagai pangkalan militer TNI AL.

Dan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P) Bayu Alisyahbana, mengatakan, suasana landasan pacu Bandara Internasional Juanda Sidoarjo tampak berbeda dibanding hari biasanya 8 pesawat militer milik TNI AL  melakukan aksi konvoi mulai dari base ops lanudal hingga ke landasan pacu utama pesawat. 8 pesawat militer TNI AL jenis Tobacco, Bonanza, serta Cassa.

Hingga CN 235 ini mengitari landasan pacu utama Bandara Juanda, bukan untuk terbang, melainkan untuk melakukan aksi tabur bunga yang digelar belasan penerbang TNI AL disepanjang landasan pacu Bandara. Selain digelar untuk mengenang perjuangan petinggi TNI AL saat membangun landasan pacu pesawat dalam rangka memperingati Hut Lanudal Juanda ke-55, aksi tabur bunga ini juga dimaksudkan untuk mengembalikan fungsi bandara juanda sebagai pangkalan militer TNI AL. (agung/stv)