Gresik, (bisnissurabaya.com)  – Siapa saja boleh belajar ilmu jurnalistik? Tak peduli orang tua, pemuda, remaja maupun anak-anak. Baik organisasi masyarakat/ormas, karang taruna maupun sekolah-sekolah. Karena itu, dalam kegiatan ekstrakulikuler/ekskul di Sekolah Menengah Kejuruan/SMK N 1 Driyorejo Gresik, bagi siswa yang memiliki hobi menulis dapat bergabung dalam kegiatan jurnalistik.

Yaaaa……, jurnalis adalah seseorang yang melakukan kegiatan kewartawanan atau orang yang menulis berita. Baik, berupa laporan, kemudian ditulis dan dimuat di media cetak, online, radio, televisi maupun tabloid sekolah secara teratur. Seperti yang ada di (SMKN) 1 Driyorejo. Kegiatan ini  sudah berdiri sejak 2015 yang dibimbing Ali, yang juga sebagai guru bimbingan konseling (BK).

Setelah Ali, sekarang digantikan Kasim Maulana, selaku guru produktif multimedia. Ekskul  melibatkan siswa-siswi dari sekolah kejuruan tersebut. Kegiatan yang dilakukan pun tidak hanya meliputi sekolah, tapi juga di luar sekolah. Sebagai contoh liputan tentang WR Supratman, skandry water.

“Sebenarnya, ekskul kita sama seperti wartawan pada umumnya. Karena ada kegiatan selalu diliput dan dijadikan berita,” kata Ketua Jurnalis di SMKN 1 Driyorejo, Angelica Chindana Floresa. (fania/siswa magang SMK N 1 Driyorejo)