Lamongan, (bisnissurabaya.com) – Biasanya atribut peserta kegiatan gerak jalan seragam. Namun, kali ini tampak beda.  Sehingga tampak indah dipandang mata dan menjadikan warga yang menyaksikan berdecak kagum. Suasana semarak bak karnaval, amat terasa dalam Gerak Jalan tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA di kota Tahu Campur. Gerak jalan ini dalam rangka peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI  di Lamongan, Senin (12/8).

Pesertanya tidak tampil asal, sekedar berkaos oblong atau hanya cukup mengenakan seragam sekolah masing-masing. Beberapa peserta nampak mengenakan seragam ala militer dengan warna kreasi. Peserta lainnya terlihat mengenakan batik khas lamongan sebagai sembong di pinggang.

Sejumlah peserta lainnya, nampak kompak berhijab, meski cuaca pagi itu mulai menyengat. Sehingga gerak jalan yang diberangkatkan Bupati Lamongan  Fadeli bersama Forkopimda dari depan Pendopo Lokatantra itu terasa semarak bak karnaval. “Gerak jalan merupakan olahraga kecepatan, ketepatan, kekompakan, kebersamaan, dan keindahan. Makna ini bisa menjadi kunci kesuksesan untuk mencapai tujuan bersama,” pesan Fadeli.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lamongan Muhadjir menambahkan  lomba gerak jalan tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA mengawali rangkaian kegiatan dalam peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI.

Kemudian pada keesokan harinya, diselenggarakan  gerak jalan  untuk tingkat SD/MI. Lomba gerak jalan ini diikuti oleh seluruh SMP/MTs dan SMA/SMK/MA di Lamongan dengan total 106 regu. Dengan rincian tingkat SMP/MTs terdiri dari 24 regu putri dan 20 regu putra.

Sedangkan tingkat SMA/SMK/MA terdiri dari 32 regu putri dan 30 regu putra. Sepanjang rute yang dilalui gerak jalan, antusiasme warga yang menyaksikan cukup tinggi. (sam)