Surabaya, (bisnissurabaya.com)  – Rumah sakit/RS dituntut melayani masyarakat dengan baik. Karena itu, tak berlebihan RS PHC Surabaya yang dikelola Pelindo III kini menerima pembayaran layanan kesehatan melalui LinkAja. Inovasi tersebut mengikuti kebutuhan di masyarakat yang ingin semakin  nyaman melakukan transaksi pembayaran dengan uang elektronik. “Dengan aplikasi LinkAja, pasien dan keluarga ketika di RS PHC Surabaya dapat melakukan berbagai pembayaran dengan mudah dan bebas repot, beres tanpa cash,’’ kata Direktur Utama PHC Group, dr Agus Akhmadi, di Surabaya Selasa (13/8).

Diantaranya, pembayaran layanan rawat jalan, farmasi, hingga kebeberapa merchant bekerja sama dengan LinkAja di RS PHC Surabaya. Kedepan, pembayaran dengan LinkAja di RS PHC Surabaya selain dapat dilakukan untuk layanan kesehatan, juga bisa dilakukan untuk pembayaran layanan penunjang seperti pemeriksaan laboratorium dan radiologi, hingga pembelian di Cafe Pisang, Cafe D’Kalimas, hingga hingga pembayaran parkir kendaraan. “Bagi RS PHC Surabaya tentunya yang terpenting ialah bagaimana memberikan layanan kesehatan yang terbaik dan terus berinovasi agar pelanggan dapat menikmati layanan terbaik tersebut dengan mudah,” ungkap dr Agus Akhmadi.

Inovasi kemudahan pembayaran tersebut akan mempercepat proses transaksi, sehingga sangat mendukung layanan baru RS PHC Surabaya. Misalnya layanan fasilitas Medical Check Up RS PHC Surabaya yang memiliki banyak pelanggan dari kalangan bisnis dan karyawan. Mereka sadar untuk mengecek kondisi kesehatannya secara berkala, namun memiliki jadwal yang padat. Sehingga layanan kesehatan harus dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Operasional dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto menambahkan, Pelindo III mendukung penerapan cashless society di Indonesia tidak hanya pada sisi operasional kepelabuhanan, tetapi juga pada layanan kesehatan yang diberikan oleh anak usahanya, PHC Group.

Nuansa sinergi BUMN juga kuat dalam hadirnya LinkAja di RS PHC Surabaya. Karena selain LinkAja merupakan aplikasi teknologi finansial besutan kolaborasi beberapa BUMN, layanan tersebut di RS PHC Surabaya nantinya akan disokong oleh fasilitas jasa perbankan dari BNI 1946.

“Komitmen harus real, ini komitmen bersama. Ini sinergi BUMN jadi dimulai dari kita sendiri di lingkungan BUMN harus mau memakai LinkAja. Pelindo III akan terus mendorong penggunaan fasilitas pembayaran elektronik di Surabaya North Quay serta di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, dan tentunya untuk semua layanan di RS PHC Surabaya,” kata Putut Sri Muljanto.

Terkait inovasi pembayaran digital, sebelumnya Pelindo III sudah menginisiasi adanya Integrated Billing System (IBS) yang merupakan portal layanan jasa kepelabuhanan berbasis online dan terintegrasi dengan perbankan untuk pembayaran elektronik. “Pelindo III mendorong mindset inovatif karyawan, terutama terkait pemanfaatan teknologi informasi untuk menciptakan nilai tambah, service excellent serta operasional proses bisnis yang efisien, efektif, dan optimal,” pungkasnya. (bw)