Malang, (bisnissurabaya.com) –¬†Sosialisasi Himpunan Petani Pemakai Air/HIPPA oleh Dinas Pusda Kabupaten Malang dilaksanakan di beberapa daerah. Yakni, tujuh UPT. Diantaranya, Ngantang, Pakis Tumpang, Gondang Legi, Desa Banjarejo Pagelaran, Singosari, dan salah satunya di Desa sumber Ngepoh Kecamatan Lawang.

“Tujuan pembinaan HIPPA ini mengacu pada Sumber Daya Manusia/SDM, serta dan diajarkan secara teknis atau non teknis. HIPPA juga akan diajari cara memanage jaringan irigasi, bagaimana mengalokasikan air, bagaimana menata pola tanam karena terkait semuanya,” kata Budi Kabid Bina Manfaat SDA Kabupaten Malang.

Keberhasilan ketahanan pangan ada tiga. Yaitu, jaringan baik, air baik, pola tanam juga pengaruh.  Tanaman yang ditanam harus sesuai, air yang ada dan tidak asal tanam. Harapannya bisa menularkan ke desa yang lain, sehingga keberadaannya diperlukan pemerintah. Seharusnya HIPPA, ini menjadi kegiatan Desa.

Ia berharap, ketahanan pangan bisa tercapai tetapi pembangunan juga tidak terhenti. Investasi juga berkembang, pembangunan jangan terlalu banyak tapi pangan juga tetap dipertahankan. Ini harus berjalan seimbang. Berkurangnya lahan yang banyak untuk dibangun perumahan adalah kenyataan yang harus dicarikan solusi karena pada kenyataannya semua bisa diatasi dengan baik. (yul)