Surabaya, (bisnissurabaya.com)-Kopi, salah satu komoditas dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Minuman yang berasal dari tanaman biji hitam ini kemudian diolah dengan berbagai tahapan. Sehingga menghasilkan bubuk kopi yang bisa dikonsumsi menjadi minuman atau olahan lainnya. Salah satunya, kopi jahe merah. Campuran antara kopi dan jahe merah, yang memiliki rasa sedikit pedas namun berkhasiat bagi kesehatan.

Pemilik Kopi Jahe Merah, Dini, mengatakan, kopi yang diracik secara tradisional dan higienis, dan diciptakan berdasarkan resep para leluhur. “Usaha keluarga kami mampu memproduksi hingga 3.000 sachet per bulan, dengan harga Rp 5.000 per sachet,” kata Dini, yang didampingi bapaknya Moch Nuruddin, sambil menikmati nikmatnya kopi jahe merah kepada bisnissurabaya.com, Sabtu (10/8).

Dini(kiri).(foto/fania)

Saat ini, proses produksi kopi jahe merah ada di kawasan Margorejo Kelurahan Margorejo Surabaya. Selain terus melakukan ekspansi dengan membuka cabang di beberapa kota, seperti Pasuruan, Malang, Pujon, Jombang, dan Surabaya, wanita yang ayu ini juga menjual produknya melalui online. seperti facebook, tokopedia, instagram, dan blogspot. (fania/ayu)