Surabaya, (bisnissurabaya.com)- Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) boleh bangga. Sebab, saat ini ada perusahaan startup penyedia aplikasi penggajian dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sedang ekspansi ke Jawa Timur/Jatim. Karena itu, kepada pelaku UMKM yang memiliki karyawan maksimal lima orang dapat dilayani secara gratis. Ini sebagai bentuk kepedulian kami terhadap pelaku UMKM di Jatim khususnya Surabaya,’’ kata CEO dan Co-Founder aplikasi Gadjian, Afia Fitriati, kepada bisnissurabaya.com di Surabaya Jum’at (9/8) kemarin.

Menurut Afia, kehadirannya di Surabaya sekaligus memperkenalkan Gadjian Academy. Yaitu, sarana edukasi seputar pengelolaan SDM bagi perusahaan kelas kecil dan menengah. Sebab, pembangunan SDM merupakan salah satu prioritas utama pemerintah pada periode kedua kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Selain dalam rangka memperluas lingkup pemasaran, kata ibu yang terlihat cantik ini, kehadiran Gadjian dan Gadjian Academy di Surabaya diharapkan dapat mendukung program pemerintah. “Potensi perusahaan kecil dan menengah di Surabaya dan Jatim pada umumnya sangat besar untuk mendukung peningkatan perekonomian daerah. Kami berharap kehadirannya di Jatim dapat membantu mengembangkan potensi ini,” ujar wanita berhijab ini.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2017 terdapat lebih dari 63.000 perusahaan skala menengah di Jatim yang sebagian besar merupakan pangsa pasar Gadjian. Sejak 2016, Gadjian telah melayani ribuan perusahaan di berbagai provinsi di Indonesia dengan menyediakan aplikasi berbasis awan yang mengotomatisasi fungsi-fungsi rutin administrasi SDM.

Seperti penghitungan gaji, BPJS, pajak penghasilan, serta pengelolaan data absensi. Melalui kehadiran kantor penjualan di Surabaya, pihak Gadjian berharap untuk dapat melayani kebutuhan perusahaan-perusahaan di wilayah Jawa Timur dengan lebih baik.

Selain berperan sebagai pengembang aplikasi, Gadjian juga menyediakan sarana belajar ilmu pengelolaan SDM melalui unit yang diberi nama Gadjian Academy. Sejak 2017 hingga kini, Gadjian Academy telah menyelenggarakan lebih dari 30 sesi pembelajaran yang diikuti perwakilan dari sekitar 800 perusahaan yang pada umumnya berlokasi di Jabodetabek.

Sejak pertengahan 2019, Gadjian Academy telah menyelenggarakan 2 sesi kelas di Surabaya yang diikuti perwakilan dari kurang lebih 50 perusahaan. Peminat Gadjian Academy bukan saja berasal dari Surabaya dan Sidoarjo, namun ternyata juga berasal dari Malang, Jember, dan kota-kota lain. (bw)