Gresik, (bisnissurabaya.com) – Untuk meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar/SD yang mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik memiliki cara tersendiri. Yaitu, dengan menghadirkan  langsung instruktur/pengajar  dari negara asalnya, Inggris.

Instruktur ini juga  memiliki   Lembaga kursus Bahasa Inggris ternama. Pria pengajar ini bernama  adalah Andy Hunt, berkebangsaan Inggris.

Ada 400 orang guru yang hadir memanfaatkan kesempatan ini. Mereka mengikuti pembinaan sehari mata pelajaran Bahasa Inggris. Kegiatan ini   berlangsung di Ruang Mandala Bakti Praja, kantor Pemkab Gresik, Selasa (6/8).

Wakil Bupati (Wabup) Gresik Mohammad Qosim berkenan membuka kegiatan ini, dan  mengatakan  pembinaan Mapel Bahasa Inggris ini untuk meningkatkan  profesionalisme para guru. Menurut Wabup, Bupati Gresik sangat respon terhadap Pendidikan Bahasa inggris ini untuk peningkatan kualitas pendidikan.

“Kami berharap agar mata pelajaran bahasa Inggris ini diberi porsi lebih banyak. Hal ini untuk peningkatan SDM dimasa depan,” pesan Qosim.

Pria yang sedang menjabat Wabup periode kedua ini  juga menjelaskan  tahun 2045 mendatang adalah era Indonesia emas.  Pihaknya juga ikut bertanggung jawab    menyiapkan generasi Gresik yang unggul untuk meenjadikan masyarakat pada era Indonesia emas.

“Bisa jadi anak SD yang sekarang ini adalah mereka yang akan menjadi pemimpin pada era Indonesia emas mendatang. Jadi mulai sekarang, kita harus mempersiapkan generasi emas tersebut,” tandas Qosim.

Kepada para guru yang hadir Qosim juga berpesan bahwa mereka harus selalu meningkatkan profesionalitas. Qosim yang juga mantan guru serta kepala sekolah ini menyatakan bahwa meteri pelajaran adalah hal penting, namun metode jauh lebih penting. Dan yang paling penting adalah peran guru.

Sementara itu Kadek Ayu Salah seorang keynote speaker yang juga ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Bahasa Inggris menambahkan pentingnya kegiatan ini karena selama ini dalam lomba OSN Bahasa Inggris selalu ada materi story telling.

“Untuk kegiatan ini kami fokus pada  learning story telling skills. Tentunya selain materi yang lain,” paparnya.

Untuk memotivasi para guru tersebut, pihak Panitia menghadirkan pembicara lain yaitu Dina Hanif Mufidah. Dina yang mengawali karir sebagai Guru Bahasa Inggris di SD tersebut sukses menjadi Kepala Sekolah Terbaik Gresik tahun 2018 dan runner up Kasek terbaik Jawa Timur. Saat ini Dina menjabat sebagai Kepala Sekolah di SD Muhammadiyah Giri  Kebomas ini. Dalam kesemapatan itu, Dina memberikan materi penguatan dan motivasi untuk guru Bahasa Inggris. (sam)