Tuban, (bisnissurabaya.com) Sebanyak 101 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Tuban pamit ke Bupati Tuban karena bakal mengikuti ibadah haji tahun ini. Direncanakan mereka bakal berangkat pada 1 Agustus mendatang. Jika memungkinkan mereka siap menggelar upacara kemerdekaan 17 Agustus di tanah suci, seperti layaknya di tanah air.

“Ini bentuk komitmen kami cinta tanah air, NKRI harga masti. Makanya kalau ada kesempatan kami akan memggelar upacara 17 Agustus walau sangat sederhana,” terang sejumlah ASN usai pamit Bupati Fathul Huda.

Namun, menurut Kabag Humas Pemkab Tuban, Rahman Ubaid, jamaah asal Tuban yang akan menunaikan upacara 17 agustus hendaknya dikoordinasikan dengasn petugas dan pembimbing haji. Jangan sampai apa yang kita lakukan dengan niatan baik justru disalahakan.

“Nggak apa-apa yang penting berjalan sesuai aturan, karena kita di negara orang lain. Jangan sampai kita malah disalahkan,” terang Rahman Ubaid, Rabu (31/07/2019) sambil tersenyum.

Sementara itu Bupati Tuban Fathul Huda mengungkapkan rasa banggaannya kepada ASN yang menjadi Calon Jamaah Haji (CJH) karena telah dipilih Allah SWT. Untuk menjadi tamu-Nya. Mereka yang terpilih mendapat panggilan tidak memandang jabatan maupun kekayaan.

“Oleh karena itu, harus disyukuri dengan menjalankan ibadah haji dengan sebaik-baiknya,” ungkap Bupati Huda pada silaturrohmi CJH ASN Pemkab Tuban di gedung Korpri.

Dalam menjalankan ibadah haji, lanjut bupati, harus dapat merenungkan hikmah di tiap rukun haji. Mengingat, seringkali hikmah haji tidak dapat dilogika oleh akal sehat.

Bupati Huda menerangkan bahwa setiap ibadah haji, ada keutamaan yang akan didapat oleh orang alim. Meskipun tidak mampu meniru ibadahnya waliyullah, aparatur diminta untuk memaksimalkan waktu ibadah haji dengan senantiasa beribadah dan berdzikir.

“Jangan menggunakan handphone ketika ibadah haji, ganti dengan tasbih untuk berdzikir. Selain itu, ketika berada di tempat yang Multazam harus khusyuk berdoa,” serunya.

Bupati menghimbau CJH untuk memperbanyak membaca sholawat dan kalimat thoiyibah lainnya. Dengan harapan, apa yang menjadi harapan CJH segera diijabah Allah. Pada kesempatan ini, secara simbolis Bupati menyerahkan tali asih kepada ASN yang akan menunaikan rukun Islam kelima ini.

Untuk diketahui, aparatur Pemkab Tuban akan bergabung dengan CJH Kabupaten Tuban. Total CJH Kabupaten Tuban tahun 2019 sebanyak 883 orang tergabung gelombang 2, terbagi di kloter 76 dan 77. Dijadwalkan pada 1 Agustus mendatang, bertempat di Pendopo Krido Manunggal, Bupati Tuban akan melepas keberangkatan seluruh CJH.

Kemudian para CJH akan masuk ke Asrama Haji Surabaya selama sehari. Selanjutnya, pada 2 Agustus, akan diterbang melalui bandara Juanda dan dijadwalkan tiba di bandara KAIA Jeddah pada 17.45 WAS. (imam suroso)