Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Kelahiran hewan pertama, setelah Kebun Binatang Surabaya (KBS) mendapat izin pengelolaan konservasi. Bayi gajah itu namanya Dumbo. Walikota Surabaya, Tri Risma, memberikan nama ini karena teringat karakter seekor gajah yang ditinggal mati orang tuanya. Tapi disukai banyak orang karena pintar bersosialisasi.

Gajah Sumatera lucu berjenis kelamin jantan ini lahir Senin (22/7) lalu. Perlu waktu 20 bulan bagi Lembang, induk Dumbo, sebelum akhirnya melahirkan di KBS ini. “Saya bersyukur Dumbo lahir normal dan selamat. Warga Surabaya akhirnya bisa lihat gajah yang lahir di tengah kota Surabaya” kata Walikota Surabaya Tri Rismaharini kepada bisnissurabaya.com belum lama ini.

Dumbo merupakan anak kedua dari Lembang. Jenis gajah Sumatera ini, termasuk kategori hewan yang dilindungi. Selain itu, jenis gajah ini termasuk Appendix I dengan kategori status terancam punah. Saat Risma, menemui, gajah ini tampak malu – malu. Bahkan sering bersembunyi di bawah kaki ibunya.

“KBS sekarang sudah jauh lebih bagus dibanding saat kita terima,” jelas Walikota perempuan pertama di Surabaya ini. “Saya akan mencoba menjalin komunikasi dengan beberapa pihak agar bisa melengkapi hewan di KBS yang belum dapat pasangan,” tambah walikota 2 periode ini. Tak hanya itu, kawasan KBS juga akan ditata aksesibilitasnya.

Usai menengok Dumbo, Risma juga menengok dan memberi makanan kakaknya, yaitu Gonzales. Gonzales adalah gajah kesayangannya. Dumbo menambah total jumlah koleksi Gajah Sumatera di KBS saat ini, berjumlah enam ekor. (nanang)