Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Pekerjaan tidak tetap yang mambuat pikiran spesialis jambret yang kerap beroperasi di Bungurasih, dibekuk Satreskrim Polresta Sidoarjo. Tersangka merupakan pelaku curat spesialis tas milik pengendara wanita atau ibu-ibu.

Kasatreskrim Polresta Sidoarjo Kompol Ali Purnomo, menjelaskan, tersangka ditangkap usai melakukan penjambretan tas merk Fladeo yang berisikan uang tunai Rp 400.000 dan  satu buah HP merk Samsung type J5 milik Aprilia Ratnaningsih, yang tengah melintas dari Terminal Bungurasih menuju Tropodo. Selasa (23/7).

“Tas korban ini diletakkan diatas paha sebelah kanan, dan tiba-tiba ditarik oleh tersangka bersama rekannya dan dibawa kabur dengan mengendarai sepeda motor,” kata Ali.

Dari penyelidikan yang dilakukan dan juga berkat komunikasi yang baik dengan masyarakat, akhirnya polisi berhasil meringkus tersangka MM (20) di kawasan Waru.

“Sasaran pelaku adalah perempuan yang dibonceng dengan memakai tas selempang. MM bertugas yang menarik tas dan AA (DPO) sebagai joki. Dengan menggunakan sepeda motor, pelaku menyalip sepeda motor korban dan yang dibonceng mempunyai peran untuk menarik tas selempang milik korban,” tegas Kompol Ali Purnomo, yang baru menjabat sebagai Kasatreskrim Polresta Sidoarjo ini.

Dari pemeriksaan yang dilakukan terhadap tersangka terungkap, tersangka MM merupakan pelaku curat yang kerap beroperasi di kawasan Sidoarjo, terungkap tersangka ini telah melakukan aksi penjambretan sebanyak 12 kali.

“Adapun modusnya adalah memepet korbannya yang kebanyakan wanita dan kemudian menarik tas yang dibawanya langsung kabur. Hasilnya untuk minum dan karaoke,” jelasnya.

Adapun barang bukti/bb yang berhasil disita dari tersangka yaitu 1 buah HP warna hitam dan 1 sepeda motor warna merah Nopol W 5874 OC.

Atas perbuatannya, tersangka MM yang telah diduga keras melakukan perbuatan pencurian dengan pemberatan dikenakan sangkaan pasal 363 KUHP dengan ancaman penjara selama-lamanya 7 tahun. (uno)