Tuban (bisnissurabaya) Kemenangan kesebelassan Bumi Wali disambut hingar bingar penggemar bola di Tuban. Betapa tidak, di cabang olahraga/cabor paling bergengsi itu kesebelasan bumi wali mampu menaklukkan Kesebelasan Sidoarjo 2-1. Sehinggga Tuban mendapatkan medali emas dan Sidoarjo mendapatkan perak. Sementara, Lamongan harus puas dengan medalu perunggu.

Pertandingan final sepak bola yang digelar di Stadion Bumi Wali disaksikan Bupati Tuban, Fathul Huda dan Bupati Sidoarjo Saiful ilah. Sejak awal, anak-anak Bumi Wali terus menyerang pertahanan Sidoarjo.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, bersama para juara Porpov VI Jatim. (Foto/imam)

Di babak pertama, anak asuh pelatih Edy Sutrisno, ini acap kali menyulitkan jantung pertahanan tim Kabupaten Sidoarjo. Namun, karena rapatnya barisan A Burhan Afiludin dan kawan-kawan, membuat pertandingan imbang sampai dengan turun minum.

Pada babak kedua, jalannya laga mulai berbeda. Ahmad Nurul Ulum, dan kawan-kawan, langsung melakukan penyerangan, dan mengatur ritme pertandingan. Perjuangan tuan rumah akhirnya berhasil dimenit ke-74. Gol pertama ini dilesahkan Nur Afida, dengan kaki kananya. Sehingga membuat sekor, berubah menjadi 1-0 untuk Tuban.

Namun, kemenangan ini tidak lama, tim lawan berhasil menyamakan skor lewat gol yang dicetak, Dwiki Mardiyanto pada menit 87. Skor ini membuat kedudukan sama kuat, 1-1.

Tetapi, perjuangan arek-arek Tuban ini tak kenal lelah. Hingga akhirnya pada menit-menit akhir, Ahmad Irham, berhasil memanfaatkan tendangan dari luar kotak pinalti yang membuat gol pamungkas kemenangan Tuban 2-1.

Edy Sutrisno, pelatih tim sepak bola Tuban, bersyukur bisa memberikan medali terakhir untuk Tuban, dan kemengan ini menjadi motivasi tim di even dan pertandingan ke depan.

“Alhamdulillah, bisa menang dan meraih medali emas,” kata Edy kepada bisnissurabaya.com.

Dengan hasil ini, kontingen Tuban menyidik peringakat 10 besar bersama Kabupaten Bojonegoro. Tuban medapatkan poin 99 terdiri 10 emas, 14 perak dan 31 perunggu. Sedangkan posisi pertama di duduki kota Surabaya 708 peringkat kedua Kota Kediri 377, dan peringkat ketiga Kabupaten Sidoarjo 311 poin.

Menurut Ketua KONI Tuban, Mirza Ali Manshur, ada kebanggaan tersendiri, selain target yang ditentukan terpenuhi, juga juara bola serta penutupannya dihadiri Menpora, Imam Nahrowi. (imam suroso)