Tuban, (bisnissurabaya.com) Menteri Olahraga (Menpora), Imam Nachrawi, dijadwalkan hadir dalam upacara penutupan pekan olahraga provinsi (Porprov) VI Jawa Timur/Jatim 2019 di Tuban Sabtu (13/7) malam. Penutupan digelar di stadion Bumi Wali Kompkes Tuban Sport Center (TSC) Tuban.

Selain Menpora, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, juga hadir. Gubernur perempuan pertama di Jatim akan memberikan sambutan sekaligus menutup secara resmi gelaran porprov yang berlangsung 6-13 Juli itu.

Sejumlah pejabat Forkopimda Jatim dan Kabupaten Tuban juga dijadwalkan hadir untuk menyaksikan langsung acara yang dikemas meriah dan spektaluler tersebut.

Sebelum ke lokasi para pejabat dijadwalkan shalat Magrib berjamaah di Masjid Kompleks Pendopo Kridho Manunggal Tuban dan malam bersama.

Bupati dan para pejabat Forkopimda bakal menempuh perjalanan sekitar 5 kilometer dari pendopo sampai ke lokasi dengan menumpang mobil bak terbuka. Sehingga di sepanjang perjalanan bisa langsung menyapa masyarakat.

Karena itu, dipastikan stadion yang baru diresmikan penggunaannya beberapa hari lalu itu bakal dibanjiri warga.

Sebab, sore harinya digelar final sepakbola porprov yang mempertemukan tim tuan rumah Tuban menghadapi tim Kabupaten Sidoarjo. Perebutan medali emas ini sudah akan menyedot ribuan warga untuk mendukung tim kebanggaan Tuban.

Sementara, proses penutupan Porprov dimulai pukul 19.00. Menpora dan tamu udangan serta warga akan dihibur dengan aksi-aksi spektakuler.

Diantaranya adalah tari kolosal berjudul ‘Genderang Perjuangan’ yang akan ditarikan oleh seribu penari. Kemudian dirangkai dengan parade 100 bedug dan atraksi Pencak Dor, sebuah seni beladiri asli Tuban. Pengunjung akan dimanjakan juga dengan aksi Drum Band dan defile peserta Porprov dari 38 kabupaten/kota di Jatim yang dikemas apik.

Dalam sesi ini, Gubernur menyerahkan pataka tuan rumah porprov pada tuan rumah Porprov VII dua tahun ke depan. Ada 4 kabupaten yang akan jadi tuan rumah yakni Situbondo, Lumajang, Jember dan Bondowoso. Bupati 4 kabupaten ini akan naik panggung untuk menerima langsung pataka tersebut yang diwakili Bupati Jember.

Pesta belum usai, karena setelah acara penutupan Porprov selesai, pengunjung akan dihibur oleh grup band asal Ibu Kota Ada Band yang punya lagu hits ‘Karena Wanita’, ‘Manusia Bodoh’, ‘Langit Tujuh Bidadari’ dan lainnya.

Selama acara juga akan ditampilkan permainan cahaya lampu yang spektakuler. Sehingga malam nanti stadion Bumi Wali akan bertabur cahaya. Sebelum penutupan sejumlah pertandingan final masih berlangsung. Bahkan Tuban juga masih bisa menambah medali dari sepatu roda, sepakbola dan bulu tangkis. Sepakbola tuan rumah berhadapan dengan Sidoharjo dan bulutangkis putra Tuban akan berhadapan dengan Kabupaten Pasuruhan. (imam suroso)