Tuban (bisnissurabaya.com) – Kontingen Tuban terus memperoleh medali. Untuk cabang olahraga/Cabor gulat, menyabet emas bagi kontingen Bumi Wali dalam helatan Pekan Olahraga Provinsi/ Porprov Jawa Timur/Jatim 2019. Dari atlet gulat Tuban memperoleh tiga medali. Salah satunya, medali emas. Sementara cabor kempo menyuguhkan medali perak.

Medali emas di arena gulat yang digelar di Gedung Pusat Olahraga Lamongan ini diraih atlet Candra Marimar, yang turun dikelas 3 kilogram putri freestyle. Di kelas lain, yang juga freestyle, ada tambahan dua medali lagi. Yakni, perak yang direbut Zaenal Mukminin untuk kelas 48 kilogram putra, dan perunggu yang dipersembahkan, Pipit Nur Azizah, dari kelas 46 kilogram putri.

 

‘’Alhamdulillah, dapat tambahan tiga medali lagi. Semoga masih bisa tambah lagi,’’ kata Ketua Kontingen Porprov VI Jawa Timur/Jatim Tuban, Nur Khamid, sambil menjelaskan pihaknya mengirim 17 pegulat diajang ini.
Untuk sementara, Nur Khamis, yang juga menjabat Ketua Harian KONI Tuban ini, mengatakan, sampai hari kedua total sudah tujuh medali yang disumbangkan gulat. Dua d antaranya medali emas. Medali emas pertama disumbang atlet Oky Pradana, yang menjadi juara pertama kelas 87 kilogram grego putra.

 


Kemudian, medali perak masing-masing disumbangkan Alvian Rozak, dari kelas 97 kilogram grego dan M Nur Diansyah, dari kelas 130 kilogram grego. Keduanya kategori putra. Sedangkan satu perunggu diperoleh Adib Hakiki dari kelas 50 kilogram grego putra.
Sementara, di arena kempo yang digelar di Graha Sandya PT Semen Indonesia Tuban, atlet Kempo Bumi Wali memberikan tambahan medali perak dari nomor embu berpasangan Putra tingkat Kyu 2, Selasa (10/7) malam kemarin.

Pasangan penyumbang medali perak dari cabor Kempo adalah Dwi Lengga Tegar Zebua, asal Desa/Kecamatan Semanding yang siswa di SMA N 2 Tuban dan Achmad Kafilah Fatikhin, asal Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban yang juga siswa SMK N 1 Tuban.

“Para atlet kempo sudah berlatih keras jauh-jauh hari. Kami berharap medali dari nomor lain juga bisa kami peroleh,” kata Official Kempo Tuban, Rafi Muslim. Tuban mendelegasikan 12 atlet. Yakni, 6 atlet putra dan 6 putri. Kempo Tuban mengikuti nomor pertandingan embu dan randori.

Embu dibagi menjadi 2, yaitu embu berpasangan dan embu beregu. Kemudian untuk randori dibagi menjadi empat kelas. Yakni, putra kelas 55 kilogram, 60 kilogram, 65 kilogram, dan kelas 70 kilogram, untuk yang putri kelasnya dari 45 kilogram, 50 kilogram, 55 kilogram, dan 60 kilogram. Pertandingan kempo di Porprov VI Jatim diikuti 13 kota dan kabupaten. Total atlet yang ikut bertanding adalah 141 atlet dan 41 official. (imam suroso)