Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Dunia perhotelan bukan hal baru bagi General Manager/GM Hotel Namira Surabaya Firman Anugerah. Sebab, sejak lulus Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) 1999, urang sunda ini malang melintang bekerja di hotel. Berbagai bidang pekerjaan hotel pernah digelutinya. Mulai cleaning service, bellboy, receptionist, hingga, manager.

Karir lelaki kelahiran Bandung, 1981 ini, terbilang lengkap. Dia pernah bekerja di Hotel Golden Flower Kagum Group, Genno Feruci, Zodiac MT Hariyono Jakarta, Grand Savero, Fave Premire Bandung, dan terakhir Namira Surabaya. “Saya juga pernah berkarir selama 2 tahun di kapal pesiar Carnival Cruise Line dengan rute Meksiko, Miami, Hawai. Dan saya juga sempat bekerja di Hotel Golden Tulip Belanda,” kata GM Hotel Namira Surabaya, Firman Anugerah kepada bisnissurabaya.com, Sabtu (6/7).

Firman Anugerah. (Foto/nanang)

Bagi Firman, bekerja di hotel itu menyenangkan. Karena bisa membuat senang orang lain. Yaitu, tamu hotel. Hal ini menjadi passion (gairah) tersendiri bagi manager yang selalu tampil rapi ini. “Yang selalu saya ingat hingga sekarang, adalah saat memberikan fasilitas layanan yang maksimal bagi artis Anggelina Jolie. Beliau memang tamu perfectsionis,” kata suami dari Noviyanti.

Sebagai bentuk profesionalitas dalam bekerja, Firman, rela tetap bekerja setiap libur lebaran. Padahal, orang lain saat itu menghabiskannya untuk mudik atau berlibur bersama keluarga. Dimanapun tempat bertugas, termasuk di Hotel Namira, Firman, selalu menghitung cermat visibility study dan menempatkan potensi kelebihan yang ada untuk meningkatkan okupansi hotel yang dalam waktu 6 bulan sudah mencapai 55 persen.

Antara lain, letak hotel yang berdekatan dengan Masjid Agung Surabaya (MAS), dan prototype hotel syariah. “Sekarang ini kecenderungannya banyak tamu non muslim yang merasa nyaman dan hommy menginap di hotel kami,” tambah jajaka Bandung ini. (nanang)