Malang, (bisnissurabaya.com) – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Malang berlangsung semarak. Pemilihan dilaksanakan Minggu 30 Juni 2019 yang lalu. Di berbagai desa yang melaksanakan pemilihan tampak berbeda dari hari-hari sebelumnya.

Sesuai Pemendagri 65/2017 tentang Pemilihan Kepala Desa atau Peraturan Bupati Malang 21/2018 tentang Pemiihan Kepala Desa disebutkan jumlah cakades minimal 2 orang dan maksimal 5 orang. Apabila lebih dari 5 orang maka dilakukan seleksi tambahan.

Sebanyak 1,3 juta lebih warga Kabupaten Malang akan memilih kepala desa. Ada 269 desa yang diikuti 858calon kepala desa yang akan menggelar Pilkades serentak. Persiapan Pilkades pun sudah mulai maksimal, dari segi sosialisasi, pendampingan kepada panitia, pemetaan daerah rawan konflik atau money politik.

Tanggal 27 -28 Juni merupakan masa tenang. Sebelumnya sosialisasi di setiap desa dan para calon berlangsung di setiap para cakades dan warga setempat.

Seperti di Desa Sumber Ngepoh Kecamatan Lawang Malang, terdapat 5 calon kepala desa (Cakades). Dari 5 cakades yang ada salah satunya bernama Khususmiati, S.Pd yang tidak lain adalah istri dari Kepala Desa Sumber Ngepoh yang saat ini yang sudah menjabat 2 periode yaitu 2007-2013 dan periode 2013-2019. Wanita enerjik ini memiliki visi misi dan tujuan yang sama. Dan jika terpilih dia akan melanjutkan beberapa program yang belum terselesaikan yaitu Menuju terwujudnya Desa Sumberngepoh Adem Ayem.

Adem Ayem mempunyai makna agamis, demokratis, maju, aman, yakin, peningkatan aspek ekonomi dan mandiri. Selain itu calon bernomor urut 3 ini juga memiliki misi menjunjung tinggi norma agama, budaya serta adat dan istiadat, lingkungan sehat dan mendukung program pemerintah untuk kemajuan segala aspek. Serta bertujuan menciptakan desa yang bermoral.

“Tentu setiap cakades memiliki visi dan misi yang berbeda, saya selaku calon kepala Desa Sumber Ngepoh didukung kepercayaan diri dan pengalaman selama mendampingi suami sebagai kepala desa selama dua periode dan keluarga, saudara, kerabat dan masyarakat Sumberngepoh yakin mampu melaksanakan amanah warga,” ujar Khususmiati disela – sela sosialisasi dengan warga setempat di kediamannya Kamis (27/6).

Diharapkan pemilihan yang berjalan serentak pada 30 Juni bisa berjalan lancar, aman , tertib serta sportif. Hal ini guna mendapatkan suara rakyat untuk memilih pemimpin desa yang mereka yakini mampu dan bisa menjadikan desa menjadi yang lebih maju lagi dari saat kemarin dan saat ini. (yul)