Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Siapa ibu-ibu yang tak kenal jelantah? Yaa…, minyak sisa penggorengan ini seringkali membuat repot kaum hawa. Karena limbah ini tak boleh dibuang sembarangan dan dapat menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan. Adalah Zubaidulloh, pemuda Surabaya yang tinggal di Kendangsari, ini memiliki gagasan untuk menyedekahkan minyak jelantah.

“Saya mengkampanyekan kepada warga mulai sekarang mengumpulkan minyak jelantah di botol bekas air mineral ukuran 1,5 liter atau wadah jerigen,” kata pelopor sedekah jelantah kepada bisnissurabaya.com Kamis (27/6). Pria yang akrab disapa Ubed, ini juga menyampaikan melalui program ini, masyarakat sudah bisa melakukan sedekah untuk sesama.

Apa manfaat sedekah jelantah?. Diantaranya, ikut melakukan gerakan peduli lingkungan, mendatangkan pahala. Melalui Komunitas Muda Mudi Surabaya (KMS), Zubaidulloh, keliling dari kampung ke kampung untuk berburu dan menghimpun jelantah dari para dermawan. “Jelantah tersebut akan dijadikan biodiesel oleh perusahaan mitra KMS,” jelas laki-laki yang menekuni dunia relawan Karang Taruna dan Tagana ini.

Sebelum disetorkan ke pabrik untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sabun, jelantah ditampung sementara di rumah Zubaidulloh, yang juga merupakan basecamp jelantah. (nanang)