Tuban (bisnissurabaya.com) – Atlet dan pelatih boleh bangga. Sebab, Pemerintah Kabupaten/Pemkab Tuban menyiapkan anggaran Rp 1,007 miliar untuk para atlet dan pelatih yang mendapatkan medali dalam helatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jatim 2019.

“Bonus yang disiapkan untuk para peraih medali itu bersumber dari APBD Tuban,” kata Kabid Olahraga Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, Zainal Maftuhien,   pada launcing Media Center Porprov Jatim VI Rabu (26/6).

Menurut dia, Pemkab Tuban telah menyediakan bonus _–sekitar Rp 1,007 miliar buat para atlet dan pelatih dalam Porprov Jatim tahun ini. Dengan bonus perpoin Rp 5 juta, rinciannya atlet peraih medali emas akan mendapatkan bonus Rp 20 juta. Sebab, medali emas poinnya empat, perak Rp 10 juta, poinnya dua dan perunggu Rp 5 juta, karena nilai poinnya satu.

“Bonus pelatih berdasarkan poin yang diraih atletnya, setiap poin bonus Rp 1,5 juta,” tegas Zainal Maftuhien  di media Center Pemkab Tuban.

Menurut dia, bonus tersebut merupakan bentuk komitmen dan apresiasi pemerintah terhadap para atlet dan pelatih yang telah mengharumkan nama Tuban di ajang olahraga tersebut. Dengan harapan, target kontingen Tuban bisa masuk peringkat 10 besar diajang Porprov Jatim tahun ini.

“Kontingen Tuban pada Porprov tahun ini mengusung target masuk peringkat 10 besar, atau memperoleh 155 poin,” tegas Sekretaris KONI Tuban.

Sementara itu, Mirza Ali Manshur, Ketua KONI Tuban menyampaikan, sejauh ini para atlet telah siap menghadapi Porprov Jatim yang akan digelar mulai 6 sampai 13 Juli 2019. Dengan menurunkan 452 personel terdiri dari 363 atlet dan 89 pelatih.

“Kontingen Tuban mengikuti 36 cabor dari 40 cabor yang di pertandingkan. Empat Cabor yang tidak diikuti Tuban adalah senam, hockey, anggar, dan tarung drajat,” terang Ketua KONI Tuban.

Sementara itu, Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, meresmikan Media Center Tuban (MCT). MCT ini  merupakan pusat informasi kegiatan Pemkab Tuban. Peresmian ini juga dihadiri Sekretaris Daerah, Kabag Humas Protokol Setda Tuban, pimpinan OPD terkait, Ketua KONI Tuban, dan awak media di Kabupaten Tuban.

Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan Media Center Tuban akan menjadi sentra penyebaran informasi mengenai kegiatan Pemkab Tuban. Diantaranya kegiatan pimpinan dan wakil pimpinan Daerah, kegiatan pemerintahan dan kebijakan. Salah satunya MCT akan menjadi pusat informasi dalam penyelenggaran Porprov Jatim IV tahun 2019 di Kabupaten Tuban.

Di Tuban sendiri akan dipertandingkan 12 cabang olahraga (Cabor) dan 1 pertandingan eksibisi. Tidak hanya itu, upacara penutupan Porprov VI 2019 juga akan dilangsungkan Stadion Bumi Wali Tuban yang baru saja ditresmikan.

”Dengan adanya ajang olahraga akbar Jawa Timur ini harus mampu mendukung optimalisasi berbagai potensi di Kabupaten Tuban. Selain itu, berdampak positif pada peningkatan ekonomi bagi masyarakat Bumi Wali,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut Wabup juga menyampaikan insruksi Gubenur Jawa Timur bahwasanya tuan rumah Porprov harus menampilkan kekhasan daerah, produk UKM, maupun kesenian daerah masing-masing. Dinas-dinas terkait diinstruksikan agar segera berkoordinasi terkait promosi dan publikasi potensi di Kabupaten Tuban.

“Sehingga selain kita sukses Porprov juga dibarengi dengan peningkatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Tuban,” tuturnya.

Wabup dua periode ini menghimbau awak media di Kabupaten Tuban dapat mengambil peranan dan berpartisipasi dalam penyelenggaraan Porprov Jatim IV. Sisi-sisi lain dapat diangkat sebagai pembahasan dalam berita.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Setda Tuban, Rohman Ubaid dalam laporannya menyebutkan hadirnya MCT sebagai upaya percepatan informasi publik terkait kebijakan dan program Pemkab Tuban. Dalam pelaksanaannya MCT bersinergi dengan Diskominfo serta melibatkan tenaga ahli berkaitan pemberitaan. (imam suroso)