Surabaya, (bisnissurabaya.com)- Jawa Timur/Jatim yang berpenduduk sekitar 39,29 juta menjadi incaran Malaysia. Sebab, negeri jiran itu sedang gencar-gencarnya menggaet wisatawan asal Indonesia khusus Jatim untuk mengunjungi destinasi wisata negara yang dipimpin Perdana Menteri/PM Mahathir Muhammad, ini.

‘’Selama ini, warga Indonesia mengenal Malaysia hanya Kuala Lumpur. Padahal, sesungguhnya, banyak kota-kota di sekitarnya sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan asal Indonesia,’’ kata Direktur Malaysia Tourism Promotion Board, Roslan Othman, kepada bisnissurabaya.com, di Surabaya Selasa (25/6).

Berawal dari inilah, kata dia, Tourism Malaysia mempromosikan berbagai pilihan destinasi wisata di Malaysia untuk wisatawan asal Indonesia. Kuala Lumpur memang menjadi destinasi utama di Malaysia untuk sebagai besar wisatawan Indonesia.

Menurut dia, ‘Discover Malaysia Packages’ merupakan salah satu cara untuk membuka lebih banyak destinasi wisata unggulan Malaysia. Melalui Discover Malaysia, wisatawan Indonesia akan diajak untuk mencoba pengalaman mengunjungi destinasi lainnya. Seperti Melaka, Johor Bahru, Penang, Kelantan, Terengganu dan Pulau Langkawi yang dekat dengan perbatasan Thailand.

Kuala Lumpur & Genting, kata dia, merupakan destinasi ‘tradisional’ yang menjadi destinasi utama wisatawan Indonesia. Selama lebih dari 10-15 tahun, paket-paket wisata ke Malaysia yang ditawarkan travel agent. Hal inilah yang kemudian membuat orang menjadi bosan karena tidak ada hal baru yang ditawarkan.

“Kuala Lumpur tetap menjadi destinasi wajib, karena merupakan pintu masuk utama ke Malaysia,” ujar Roslan, sambil menjelaskan Malaysia memiliki target hingga akhir 2019, ada 3,6 juta wisatawan asal Indonesia yang diprediksi akan berkunjung ke Malaysia. Namun, yang berbeda adalah setelah puas menjelajahi Kuala Lumpur, wisatawan akan diajak untuk berpetualang ke destinasi lain di luar Kuala Lumpur, seperti Penang, Melaka, Johor Bahru, Kota Bahru, Pulau Redang dan Langkawi yang hanya membutuhkan 1 – 3 jam perjalanan.

Yang menarik, menurut dia, wisatawan bisa memilih destinasi wisata alam, adventure, sejarah, kuliner serta lainnya selama di Malaysia. Sebagai contoh, Negeri Kelantan dan Terengganu di Pantai Timur Malaysia menawarkan keunikan tersendiri yang berbeda dengan negeri-negeri di Malaysia lainnya.

Dengan cara hidup Islaminya, Kelantan memang terkenal sebagai serambi Mekkah-nya Malaysia. Negeri-negeri di Pantai Timur juga terkenal dengan kreatifitas masyarakatnya yang unik seperti pembuatan batik, songket serta berbagai kerajinan tangan khas dan juga berbagai produk kerajinan perak dan emas.

Pada kesempatan ini Roslan juga menyampaikan bahwa sebagai permulaan, Discover Malaysia Packages akan coba dipromosikan untuk pasar Jawa Timur karena memiliki potensi market yang besar mendatangkan wisatawan ke Malaysia. Tidak hanya dari Surabaya tetapi juga dari kota-kota sekitar seperti Sidoarjo, Malang, Probolinggo dan lain-lain. Dengan seat capacity sebanyak 12.000 seat setiap minggunya, berbagai pilihan maskapai seperti Malaysia Airlines, Air Asia dan Citilink memberikan kemudahan akses ke Kuala Lumpur dan Penang melalui penerbangan langsung  dari Surabaya. Selain itu, penerbangan langsung Banyuwangi – Kuala Lumpur oleh Citilink juga semakin menambah pilihan aksesibiliti dari Jawa Timur ke Malaysia. (bw)