Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Sebagai kota metropolitan dan pusat bisnis, Surabaya ditumbuhi bangunan pusat pertokoan dan perkantoran yang tingginya hampir mencakar langit. Wajar saja, jika di tengah kota yang berlambang Sura dan Buaya ini jarang dijumpai sawah ataupun tambak.

Namun, apabila kita jalan-jalan ke Jalan Urip Sumoharjo, tepatnya di halaman parkir toko perabot rumah tangga Arlisah, maka ada hal yang tak lazim bisa dijumpai disini. Yaitu, keberadaan penjual menu sate kol atau sate kreco. Yaitu, makanan yang bersumber dari hewan yang menyerupai siput sawah.

Sate Kol halaman parkir Arlisah Amari. (Foto/nanang)

“Sate kol rasanya pedas enak, harganya-pun murah hanya Rp 1.000 per tusuk,” kata penikmat kuliner sate kol, Tonny Kurniawan, kepada bisnissurabaya.com Sabtu (22/6).  Sate kol memiliki citarasa nikmat pedas. Karena dibumbui dengan rempah-rempah. Berupa cabe, bawang merah, bawang putih dan lengkuas.

Di parkiran Arlisah, pedagang ini buka mulai pukul 10.00 WIB hingga sore. Karena sore hari pindah jualan di lapangan Makodam Brwaijaya. Banyak pembeli perabot di Arlisah menyempatkan diri membeli sate kol ini sebelum pulang. (nanang)