Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Perusahaan swasta nasional membutuhkan perguruan tinggi negeri (PTN). Karena itu, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik dalam bidang maritim di Indonesia, menarik minat PT AECOM Indonesia untuk melakukan kerja sama dalam beberapa aspek. Ketertarikan kerja sama itu diwujudkan dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) Kamis (20/6).

 

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng,  mengatakan, sebenarnya banyak sekali potensi pendidikan yang dapat dikembangkan bersama. Apalagi, ITS sudah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) yang dapat melakukan pengelolaan secara mandiri.

Tidak hanya itu, rektor yang kerap disapa Ashari, ini juga mengharapkan agar implementasi dari kerjasama ini dapat segera diwujudkan. Baik dalam bentuk menempatkan mahasiswanya untuk berlatih ataupun magang dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). “Kami harapkan dapat bekerja sama untuk mengembangkan berbagai wilayah di Indonesia,” kata guru besar Teknik Elektro ITS ini.

AECOM sendiri merupakan sebuah perusahan besar berskala internasional dan sudah bergerak di banyak negara di dunia. Perusahaan ini juga memiliki beragam pengalaman. Baik pada bidang energi, konsultasi, transportasi, ataupun bidang-bidang lainnya.

Saat ini, AECOM juga telah banyak terlibat dalam mengerjakan berbagai proyek di Indonesia. Seperti proyek Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta yang telah selesai beberapa waktu lalu, serta proyek Lintas Raya Terpadu (LRT) yang sedang berjalan. Selain itu juga, perusahaan ini sempat terlibat dalam beberapa proyek BUMN, seperti pembangunan pembangkit listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan masih banyak lagi.

Sementara itu, Country Representative PT AECOM Indonesia, D Setiaji Hadiprayitno, mengaku, bahwa AECOM Indonesia sendiri telah memberikan kesempatan bagi mahasiswa ITS untuk magang. “Bahkan kalau dirasa baik, bisa langsung kami ajak untuk gabung ke perusahaan kami,” ungkap Setiaji dalam paparannya dihadapan rektor dan jajaran pimpinan ITS.

Setiaji, menekankan bahwa setelah ini diharapkan adanya bentuk konkret lagi pada kerja sama ini. Harapannya ada suatu proyek yang dapat dikerjakan AECOM dan ITS secara bersama-sama. Sehingga dapat memberikan keuntungan bagi banyak pihak, termasuk juga nantinya bagi masyarakat umum. (bw)