Surabaya, (bisnissurabaya.com) –  Kiprah relawan Jokowi. Walau proses pemilihan presiden/Pilpres belum selesai karena adanya gugatan di Mahkamah Kontitusi (MK) oleh pasangan capres nomor urut 02, namun tim kerja Jokowi tetap bekerja di masyarakat untuk memenuhi janji kampanye yang dulu pernah mereka buat di masa kampanye.

Mereka kembali ke masyarakat untuk membantu persoalan yang ada di masyarakat pemilih (konstituen). Relawan Kerja Jokowi mengunjungi warga Desa Mulyorejo Kecamatan Silo Kabupaten Jember.”Sebelumya warga disini sudah punya pilihan lain di pilpres lain. Namun, pihaknya bisa meyakinkan mereka untuk memilih Jokowi,” kata koordinator Tim Kerja Jokowi Jawa Timur/Jatim Megawati, kepada bisnissurabaya.com.

Kedatangan mereka di desa yang berpenduduk 16.000 kepala keluarga/KK ini untuk memfasilitasi penduduk disana  saat bertemu dengan CV Joni Pranata yang merupakan pemilik tanah yang mereka tinggali selama ini. Hasil dari mediasi yang difasilitasi oleh Grasi dan LPKDN dan disaksikan oleh unsur Muspika, menghasilkan keputusan bahwa setiap warga diberikan lahan untuk dikelola, masing-masing sebesar 3 hektar perkepala keluarga.

“Sedangkan lahan yang ditempati warga sebagai tempat tinggal akan dihibahkan secara cuma-cuma kepada penghuninya, dengan ketentuan PBB dibayarkan sendiri oleh  penghuninya,” jelas perempuan yang  enerjik ini. Kesepakatan yang dilakukan  oleh CV. Joni Pranata dan Tim Kerja Jokowi ini, memang bertujuan untuk mensejahterakan warga. Hal ini sejalan dengan program kerja Pak Jokowi yang salah satunya sertifikasi tanah rakyat.

Lebih lanjut dalam  mediasi tersebut juga diputuskan kompensasi  berupa sistem profit sharing (pembagian keuntungan) untuk tanaman kopi pemilik lahan 25 persen ( termasuk pajak ) dan masyarakat pengelola  sebesar 75%. Sedangkan untuk pohon sengon komposisi pembagiannya  masing-masing pihak sebesar 50 persen.

“Untuk penjualan hasil bumi menjadi hak warga yang menempati lahan, hal tersebut supaya warga disana bisa memiliki kesempatan hidup dan masa depan yang lebih layak,” tambah wanita cantik berhijab ini. Sampai hari ini warga disana masih terkesan dengan kemudahan kepengurusan  dokumen kepemilikan tanah yang diberikan oleh pemerintahan Jokowi, yang semua prosesnya dilayani secara cepat oleh birokrasi disana tanpa adanya pungutan liar sedikitpun.

Sambutan positif warga disana, menjadikan relawan Tim Kerja Jokowi lebih bersemangat dalam membantu mendampingi proses pengurusan dokumen kepemilikan tanah, walaupun mereka harus naik turun gunung untuk mencocokkan lokasi tanah dengan gambar yang ada dalam surat. Hasil dari pendampingan yang dilakukan relawan Tim Kerja Jokowi disana terbukti berbuah manis. Saat pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 kemarin pasangan capres Jokowi -Makruf Amin memperoleh suara sebesar 70 persen. (nanang)