Lamongan, ( bisnissurabaya.com ) – Belum lama ini, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lamongan memberi bantuan lebih. Artinya  selain memberikan uang tunai,  juga mulai memberikan tambahan berupa sembako kepada mustahiq.

Pembagian uang tunai beserta sembako tersebut dilakukan di halaman Guest House Pemkab Lamongan. Bupati Lamongan  Fadeli selaku Pelindung Baznas terlihat turut hadir menyerahkan uang tunai dan sembako kepada para mustahiq.

Bupati Fadeli menuturkan, mulai tahun ini penyelenggaraannya sudah ditangani oleh Baznas sendiri. “Saya berharap nantinya pengelolaan zakat oleh Baznas meningkat. Baik dari sumber-sumber zakatnya, jumlah orang yang dibantu, jumlah zakat yang disalurkan, serta meningkatnya kepercayaan masyarakat atau para muzakki pada Baznas,” harap Fadeli.

Sementara itu  Kabag Humas dan Protokol Pemkab Lamongan  Agus Hendrawan menuturkan meski pengurus Baznas sudah dilantik sejak tahun lalu,  namun baru sebatas melakukan pendampingan. Baru mulai tahun ini mengelola kegiatan pengumpulan zakat infaq dan sedekah secara penuh.

“Alhamdulillah, para muzakki mulai mempercayakan pengelolaan zakat, infaq dan sedekah melalui Baznas. Pak Bupati  juga secara intensif mengkampanyekan kepada sejumlah pihak untuk mempercayakan pengelolaan melalui Baznas,” ujar Agus.

Ditambahkannya, sejak Februari hingga Mei 2019 ini, Baznas sudah mampu menghimpun zakat dari masyarakat sebesar sekitar Rp 700 juta.

Sehingga saat pembagian di halaman Guest House Pemkab Lamongan, Baznas juga membagikan sembako. Berbeda dengan pembagian di tahun-tahun sebelumnya yang hanya berupa uang tunai. (sam)