Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Masuk kerja hari pertama dimanfaatkan untuk bermaaf-maafan. Karena itu, Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah dan Wakil Bupati Nur Ahmad Syaifuddin, menggelar halal bihalal Senin, (10/6). Dalam kesempatan tersebut Bupati Saiful Ilah, mengingatkan kepada aparatur sipil negara/ASN yang tidak masuk kerja tanpa ada keterangan yang bisa dipertanggungjawabkan alias bolos akan kena sanksi.

Ia berharap, suasana lebaran menjadi landasan kondusifitas masyarakat dan mempererat hubungan silaturahim. Bupati bersyukur lebaran tahun ini berjalan lancar. Begitu pula dengan arus mudik dan balik yang lancar, aman.
Pada hari pertama masuk kerja setelah libur Panjang, Abah Ipul sapaan akrab Bupati Saiful Ilah, minta agar tidak ada pegawai yang tidak masuk tanpa ada keterangan yang jelas. Bagi pegawai yang tidak masuk tanpa ada keterangan yang bisa dipertanggungjawabkan bakal menerima sanksi, mulai dari sanksi ringan, hingga berat.

“Saya minta kepada seluruh ASN di Pemkab Sidoarjo, kita sudah menikmati suasana istirahat bersama keluarga. Hari pertama masuk ini agar diiringi dengan semangat kerja yang lebih baik, karena sejatinya kita ada untuk pengabdian kepada masyarakat,” tegasnya.
Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Sidoarjo, Ridho Prasetyo, menugaskan stafnya untuk mendatangi setiap kantor dinas dan mengabsen kehadiran tiap pegawai hasilnya akan dilaporkan kepada Bupati. “Usai apel pagi tadi staf BKD sudah kita sebar ke seluruh dinas, sesuai dengan aturan yang berlaku. Bila ada pegawai yang tidak masuk kerja tanpa ada keterangan yang bisa dipertanggungjawabkan maka BKD akan memberikan sanksi,” kata Ridho.

Sanksi akan diberikan, kata Ridho, sesuai dengan kadar pelanggarannya. Mulai pemberian sanksi ringan berupa teguran dari atasan, sanksi sedang berupa surat pernyataan hingga sanksi berat bisa berupa penurunan pangkat hingga pemecatan. (uko)