Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Jejak pengabdian sang relawan. Nama laki-laki itu adalah Zubaidulloh, yang akrab disapa Ubed. Dia bukan siapa-siapa, hanya seorang anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang berdinas di Puskesmas Kedurus Surabaya.

Tetapi dia adalah sosok anggota linmas yang penuh dedikasi dan loyalitas pada tugas dan pekerjaannya. Bayangkan, pada saat banyak orang sibuk mudik, silahturrahmi ke keluarga, atau berwisata di hari lebaran, warga Kendangsari ini justru tetap masuk bekerja.

“Siapa yang tak sedih, disaat lebaran tetap piket bekerja. Biasanya, lebaran adalah waktu silahturrahmi dengan keluarga ataupun tetangga. Tapi ini sudah panggilan tugas bagi anggota linmas Surabaya,” kata anggota linmas Surabaya Zubaidulloh kepada bisnissurabaya.com Sabtu (8/6).

Kebersamaan saat makan sate sempol bersama saat lebaran. (Foto/nanang)

Disela-sela menjalankan tugas pengamanan masyarakat yang berobat di tempat kerjanya Puskesmas Kedurus, pria kelahiran 8 Mei 1983 ini merasakan kegembiraaan yang lain. Yaitu, guyubnya semua pekerja yang ada di sana. Mulai dari Kepala Puskesmas, dokter, rekam medis, bidan, hingga cleaning service.

“Alhamdulilah, dengan guyubnya pegawai yang ada di sini, semua jadi seperti saudara. Dan beban tidak libur selama lebaran, akhirnya sirna dengan sendirinya,” kata suami dari Nuryani ini.

Kegembiraan bapak dari Sayyid Jibril, dan Almayra ini bertambah sempurna tatkala ada salah seorang pegawai yang membawa sate sempol dalam jumlah banyak untuk dimakan bersama-sama seisi puskesmas.

Bagi pria alumni SMK Darma Siswa 1 Sidoarjo ini pengabdian kepada masyarakat adalah segala-galanya. Tak heran jika disela-sela tugasnya menjalankan tugasnya sebagai anggota linmas, dia masih sempat menjabat sebagai Ketua Karang Taruna Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Pengurus Formi Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Pengurus Taruna Siaga Bencana (Tagana) Surabaya, dan Pendiri Komunitas Muda Mudi Surabaya.

“Saya hanya ingin mengabdikan usia dan tenaga saya kepada keberlangsungan alam dan kemanusiaan,” tambah aktifis lingkungan tanaman hydroponic ini. (nanang)