Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Menjadi pengusaha sukses idaman setiap orang. Demikian juga dengan Nini Sumini. Dia adalah salah satu contoh guru yang berhasil mencoba peruntungan di jalur Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Nini Sumini, tercatat sebagai guru sosiologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Surabaya yang saat ini dalam masa persiapan pensiun/MPP. Namun, warga Tambak Wedi Kenjeran ini bukanlah orang yang hanya puas dengan pekerjaannnya. Karena itu, untuk mengisi luang di sela- sela jadwal mengajarnya, perempuan berhijab ini mengikuti berbagai pelatihan pembuatan handycraft.

“Saya ikut pelatihan handycraft di Pahlawan Ekonomi/PE yang diselenggarakan  Pemerintah Kota/Pemkot Surabaya setiap minggu di Kapas Krampung Plaza (Kaza),” kata Nini Sumini, kepada Bisnis Surabaya, belum lama ini.

Untuk mengenalkan produk seni tempel (Suspeco), Nini, sering diajak oleh dinas baik dari Kota Surabaya maupun Provinsi Jawa Timur/Jatim untuk mengikuti pameran. Diantaranya, mlaku-mlaku nang Tunjungan. Tas, dompet, dan kalung buatan Nini, sukses di pasaran. Banyak ibu-ibu pejabat yang menyukai karyanya itu.

Saat ini, Nini, juga sedang mengembangkan usaha pembuatan minuman herbal berbahan daun. Seperti daun jeruk, salam, kelor, jambu, dan wedang pokak. Dia mengemasnya dalam botol cantik yang menyerupai gelas ukur. Selain di pasarkan secara online di media sosial seperti facebook, whatssap, dan instagram, dia juga menitipkannya di beberapa toko oleh-oleh. (nanang)