Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Program Mudik Gratis yang disediakan Pemerintah Kabupaten/Pemkab Sidoarjo, diminati masyarakat. Sedikitnya, ada 1.925 pemudik yang diberangkatkan Bupati Sidoarjo H Saiful Illah, S.H, M. HUM, pada program “Mudik Gratis” Pemkab Sidoarjo Tahun 2019 / 1440 H, di Pendopo Delta Wibawa Senin (3/6).

Kepala Dinas/Kadis Perhubungan Kabupaten Sidoarjo, Dr. M. Bahrul Amig, s.Sos, MM, mengatakan, mudik gratis di Sidoarjo tahun 2019 sudah keenam kali, dan setiap tahun selalu mengalami peningkatan jumlah pemudiknya.

Jumlah armada bus yang disiapkan sebanyak 35 bus, dengan kota tujuan Banyuwangi 4 bus, Jember 4 bus, Blitar 1 bus, Bojonegoro 1 Bus, Trenggalek 1 bus, Ponorogo 9 bus, dan Magetan 9 bus.

“Alhamdulillah untuk mudik gratis tahun ini 30 persen pemudik mendaftar melalui aplikasi online, yang telah disiapkan Dishub,” kata Amiq.

Sebelum dilaksanakan prosesi pemberangkatan mudik gratis ini, dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Bupati Sidoarjo dengan Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) pusat Prof. Dr. Ir. Agus Taufik Mulyono, M.T., ATU., IPU., tentang pengembangan sistem transportasi berkelanjutan di Kabupaten Sidoarjo.

Ketua Umum MTI, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemkab Sidoarjo, karena ini baru pertama kali di Indonesia,  MoU antara MTI dengan Bupati.

“Ini akan menjadi pioner dari 29 MTI wilayah di seluruh Indonesia, dan satu – satunya bupati yang menerima kehadiran MTI,” jelas Agus.

Sementara itu, Bupati Saiful Illah, memastikan kepada pemudik yang mengikuti mudik gratis ini, tidak dipungut beaya sama sekali. Dan mudik ini sebagai tradisi masyarakat Sidoarjo dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri.

“Atas dasar inilah Pemkab Sidoarjo melaksanakan  mudik gratis untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” jelas Abah Ipul. Bupati Saiful, berharap ke depan pemda kota tujuan para pemudik juga memfasilitasi para pemudik untuk kembali ke Sidoarjo. (uko)