Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Parsel untuk rakyat. Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 sudah selesai  17 April  lalu. Para pendukung  pasangan calon presiden/capres sudah kembali keaktivitas mereka masing- masing. Dan kehidupan masyarakat kembali  normal seperti biasa. Bahkan, konsentrasi masyarakat saat ini, fokus pada pelaksanaan ibadah puasa ramadhan yang tinggal beberapa hari, sambil menyiapkan datangnya lebaran.

Namun, di tengah persiapan mudik serta acara idul fitri 1440 Hijriyah lainnya rupanya masih terdapat beberapa elemen kelompok masyarakat pendukung Presiden Jokowi yang masih sibuk bekerja melakukan kegiatan sosial kemanusian di masyarakat.

La Nyala Academia dan Aliansi Relawan Jawa Timur (ARJ Jatim) adalah ormas pendukung Jokowi yang memanfaatkan momentum ramadhan untuk melakukan kegiatan sosial bagi masyarakat yang termarjinalkan.

Di sela-sela kegiatan sahur on the road  Sabtu (1/6), mereka bagi-bagi parsel/bingkisan kepada kaum marjinal yang terpinggirkan. Namun, mememiliki tugas dan tanggung jawab berat. Seperti penjaga makam, penjaga palang pintu kereta api, dan penyapu jalan.

Bingkisan untuk ibu lansia. (Foto/nanang)

“Kami menyasar penjaga makam dan penjaga palang kereta api di sekitar Ngagel, sebelum merambah ke daerah lain,” kata Koordinator La Nyala Academia, Megawati, kepada bisnissurabaya.com

Selain nasi bungkus untuk  sahur, sebanyak puluhan parsel berisi sembako  lebaran seperti minyak goreng, mi instant, roti dan, sirup disiapkan untuk dibagikan pada kegiatan tersebut.

Koordinator ARJ Jatim Lidya Latina, menambahkan, ingat betul pesan Presiden Jokowi, bahwa mereka harus terus kerja kerja kerja untuk tetap memenangkan hati rakyat.

“Ini kesempatan yang bagus untuk peduli dan berbagi dengan mereka yang nasibnya kurang beruntung. Mereka hatus tetap bekerja walaupun hari lebaran,” kata Koordinator ARJ Jatim Lidya Latina.

Kegiatan sosial kemanusiaan yang langka ini tidak hanya mendapatkan apresiasi positif dari para penerima manfaat semata, banyak tokoh masyarakat di Surabaya menyambut gembira program sosial seperti ini. Diantaranya, mantan Walikota Surabaya Bambang DH, mantan Anggota DPRD Surabaya Taru Sasmita, calon anggota DPRD Surabaya Anas Karno. (nanang)