Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Perilaku bapak tercermin pada anaknya. Anak muda itu namanya Kaesang, yang memiliki nama lengkap Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo. Dia datang melayat ke acara duka meninggalnya ibu Ani Yudhoyono di Singapura.

Penampilannya sangat sederhana. Tanpa sedikitpun atribut berlebihan yang menandakan bahwa ia anak  Presiden Republik Indonesia yang sedang menjabat. Ia memilih antri menunggu gilirannya untuk menyampaikan pesan duka cita kepada keluarga mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ia membungkuk takzim dan hormat saat melewati banyak orang, kemudian duduk mencium tangan SBY sambil mengucapkan kata belasungkawa. Kemudian mencium tangan putra-putra SBY, Edi Baskoro Yudhoyono (Ibas) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sebelum akhirnya mereka yang memeluk dia.

Kaesang mengantri menghampiri SBY. (Foto/ist)

Momentum langka ini terekam dengan bagus oleh para petinggi partai Demokrat yang sedang ada disana. Mereka kagum sekaligus terharu, dan rasa itu mereka tuangkan dalam twiter mereka tentang bagaimana Kaesang berlaku saat itu.

Menurut  Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat, Andi Arif, sosok  Kaesang menunjukkan perilaku yang hormat dan santun. Sungguh mengagumkan.

“Salah satu yang saya kagumi dari seorang Jokowi adalah bagaimana cara dia mendidik anak-anaknya,” kata kolumnis Denny Siregar kepada wwwbisnissurabaya.com

Buah memang tidak jatuh dari pohonnya. Bahasa tubuh Kaesang adalah persis bahasa tubuh bapaknya. Tanpa disadari, Kaesang sudah menjadi duta tersendiri dengan membawa pesan penghormatan kepada lawan politik bapaknya.

“Ketika seorang anak muda mampu membangun nilai yang tinggi dihadapan mereka yang berseberangan dengannya, yakinlah bahwa “Indonesia akan baik-baik saja,” tambah Denny Siregar. (nanang)