Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Indonesia berduka. Salah satu putri terbaiknya Kristiani Herawati (66 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Ani Yudhoyono, istri dari Presiden Indonesia keenam, Dr H Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) wafat. Mantan ibu negara itu dinyatakan meninggal dunia pukul 11.50 waktu Singapura atau pukul 03.33 WIB di National University Hospital (NUH) Singapura.

Ani Yudhoyono, sudah dirawat di rumah sakit tersebut sejak 2 Februari 2019 karena penyakit kanker darah. Untuk kepentingan medis, Ani, pernah mendapat donor transplantasi sumsum tulang belakang dari adiknya, yaitu Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo. Namun, tidak juga membawa hasil sesuai yang diharapkan.

Ani-pun harus mendapatkan perawatan intensif pasca operasi di ICU. Selama dirawat disana Susilo Bambang Yudhoyono, dan anak-anaknya mendampingi menjaga secara bergantian. Banyak tokoh nasional yang sudah menjenguk ibu dari Agus dan Ibas ini, Mulai dari Jusuf Kalla, , Boediono, Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, Sinta Nuriyah, Khofifah Indar Parawansa, Anies Baswedan, Syafruddin, Agus Martowardojo, Sri Mulyani, Mahfud MD, Dahlan Iskan hingga.

Presiden Joko Widodo. Sedangkan dari negara sahabat yang sudah menjenguk antara lain: Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan wakilnya Teo Chee Hean, Mantan presiden Timur Leste Xanana Gusmao. Putri pasangan  Jenderal Sarwo Edhie Wibowo dan Hj Sri Sunarti Ahadiah,  ini  mendampingi Dr H Susilo Bambang Yudhoyono, yang terpilih sebagai Presiden Indonesia ke-6, dan menjadi Ibu Negara Republik Indonesia sejak 20 Oktober 2004 hingga 20 Oktober 2014.

Wanita cantik kelahiran Yogyakarta 6 Juli 1952 ini tergolong istimewa. Dia dilahirkan sebagai putri tentara (Jenderal Sarwo Edhie Wibowo), mempunyai adik (Jenderal Pramono Edhie Wibowo) dan ipar tentara (Kolonel Hadi Utomo dan Letnan Jenderal Erwin Sudjono), mendapatkan suami (Jenderal Susilo Bambang Yudhoyono) dan mertua tentara (Pembantu Letnan Satu Soekotjo), serta  menjadi ibu seorang tentara (Mayor Agus Harimurti Yudhoyono).

Ani, pertama kali bertemu SBY pada Tahun 1973, saat Taruna SBY berkunjung di rumah dinas ayahnya yang menjabat sebagai Gubernur Akabri. Dari pandangan pertama tersebut Ani merasa jatuh cinta, ternyata cinta Ani pada SBY tidak bertepuk sebelah tangan, dan kemudian  mereka meningkatkan status hubungan mereka menjadi pacaran Pada Tahun 1976 SBY dan Anipun melangsungkan pernikahan mereka.

Karena Jenderal Sarwo Edhie Wibowo mempunyai 3 orang putri, maka pernikahan merekapun  dilangsungkan bersama. (nanang)