Surabaya, (bisnissurabaya.com) –¬†Ramadhan 1440 Hijriyah menjadi momentum umat muslim di seluruh dunia untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Tidak hanya dengan melakukan ibadah puasa dan shallat, tetapi juga dengan melakukan amalan zakat, infaq, dan shodaqoh.

Melalui ramadhan ini pula, Lembaga Amil Zakat Infaq Sodaqoh Yayasan Majlis Amal Soleh (Lazis Yamas) Surabaya berbagai kegiatan sosial kemanusiaan.

 

Suasana buka puasa. (Foto/nanang)

Dalam Mei ini saja, tercatat tiga kegiatan sosial dilakukan. Yakni, pada 23 Mei memberikan santunan kepada 150 anak yatim piatu. Dilanjutkan 25 Mei memberikan bantuan sembako dan santunan untuk 150 orang duafah, dan pada Rabu (29/5) kemarin, melakukan buka puasa bersama dan pemberian santunan berupa paket sembako dan sarung mangga untuk 100 tukang becak binaan di sekitar Ampel.

Sejak  terbitnya izin dari Baznas dari Kementerian Agama 2 tahun yang lalu, Lazis Yamas konsisten menjalankan program sosial dibidang pendidikan, kesehatan, kewirausahaan, dan pangan.

 

Pembagian santunan untuk tukang becak. (Foto/nanang)

“Kami punya program pemberian sembako untuk janda duafah, beasiswa pendidikan, pemberian modal wira usaha, beaya penebusan resep dan pembayaran iuran BPJS,” kata Humas Lazis Yamas H. Anas Bayasut, didampingi Ketua Lazis Yamas Washil Bahalwan, dan Ketua DPW Perhimpunan Al Irsyad Humam Salim, kepada bisnissurabaya.com Rabu (29/5).

Program andalan Lazis Yamas tersebut benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang membutuhkan. Misalnya, pembayaran iuran BPJS untuk 385 janda duafah di Surabaya, dan pemberian modal kerja kepada 30 orang dari target 150 orang.

Selain itu, ada program pemberian 120 paket sembako senilai Rp 350.000 tiap bulan untuk janda duafah.

“Alhamdulilah, jika bulan puasa bisa mencapai 400 paket yang dibagikan,” jelas warga Kedung Asem Rungkut ini.

Program yang bagus dan mulia ini tentu saja tidak lepas dari bantuan dan sumbangan dari para donatur yang selama ini percaya kepada Lazis Yamas yang menjalankan amanah secara legal dan profesional.

“Kami berharap kedepan lebih banyak lagi para donatur baik perorangan, masyarakat, maupun perusahaan untuk ¬†mempercayakan zakat, infaq, dan sodaqohnya kepada kami,” tambah H Anas. (nanang)