Malang, (bisnissurabaya.com) – Pasar murah menjadi kebutuhan masyarakat. Apalagi menjelang lebaran. Karena itu, Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Pemerintahan dan Pembangunan III Prov Jatim di Malang menyelenggarakan pasar murah belum lama ini.

Kepala Bakorwil III Prov. Jatim, Benny Sampir Wanto, mengatakan, kegiatan pasar murah bertajuk “Serambi atau singkatan Semarak Ramadhan Berbagi” ini menyediakan kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat dengan harga murah atau harga produsen. “Silahkan masyarakat datang ke Bakorwil III dan berbelanja,” ajaknya sambil menjelaskan sebanyak 30 stand  akan mengikuti pasar murah ini.

Benny Sampir Wanto, yang akrab disapa Benny, ini menyatakan, harga murah diperoleh karena pihaknya langsung berkoordinasi dengan instansi teknis yang menanganinya. Naik di jajaran Pemprov Jatim, Kota Malang, maupun Bulog. “Dinas Peternakan Jatim, mengirim lembaga binaannya yang memproduksi susu, daging ayam, telur,’’ ujarnya.

Hal sama, juga dilakukan oleh Bulog Jatim,  serta Disperindag dan Dinas Koperasi Kota Malang. Kalangan swasta seperti Kopi Kapal Api, Superindo, dan Giant ikutserta dalam acara ini. Benny, yang juga mantan Karo Humas dan Protokol Pemprov  Jatim ini, menyatakan, pengunjung pasar murah ini juga dapat menukarkan uang di stand perbankan yang ada. Bank Indonesia, Bank Jatim, BTN, dan Bank UMKM telah menyiapkan kendaraanya untuk melayani penukaran uang.

Dalam kesempatan sama, Kabakorwil III ini menjelaskan latar belakang diselenggarakannya pasar murah di bakorwil yang dipimpinnya, yakni agar masyarakat terpenuhi kebutuhan bahan pokoknya dengan harga terjangkau, sesuai arahan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. “Ibu Gubernur menginginkan di bulan puasa dan romadhon tidak ada kenaikan harga2 bahan pokok, sehingga masyarakat dapat dengan nyaman menjalankan ibadah puasa,” ucapnya. Salah satu upaya yang dilakukan, melalui berbagai penyelenggaraan pasar murah semacam ini.

Selain pasar murah, lanjut Benny, Bakorwil III Malang juga akan memberikan santunan kepada 100 anak yatim pada sore harinya. “Pemberian santunan ini atas kerjasama antara Bakorwil III Malang dengan BI Malang, Bank Jatim, dan Pt. Fina,” jelasnya. (bw)