Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Kiprah relawan bencana di bulan puasa. Bila terjadi bencana di tanah air, baik tsunami, gempa bumi, gunung meletus, banjir, maupun kebakaran, maka kehadiran relawan bencana seperti Taruna Siaga Bencana (Tagana) sangat diharapkan untuk meringankan tugas aparat pemerintah di lapangan.

Kiprah Tagana dalam penanganan bencana sudah diakui masyarakat luas. Berbagai penugasan bencana di Indonesia, Tagana selalu hadir. Mulai dari tsunami Aceh, Gunung Merapi meletus, banjir Jakarta, gempa Yogyakarta hingga Lombok.

Di tengah kesiapsiagaan mengantisipasi bencana kebakaran yang hampir tiap hari terjadi di Surabaya, untuk menyambut bulan suci ramadhan, tahun ini Tagana Kota Surabaya menggelar kegiatan bakti sosial bagi-bagi takjil di beberapa tempat di Surabaya.

“Minggu kemarin, kami bagi-bagi takjil di depan Tugu Pahlawan, hari ini di depan Grahadi, insya Allah minggu depan di depan Makam Pahlawan Mayjend Soengkono. Ini semua kami lakukan untuk mengingatkan kita semua bahwa hidup itu harus berbagi,” kata Koordinator Tagana Surabaya, Sigit Eki Arianto, kepada bisnissurabaya.com Minggu (26/5).
Sebagai organisasi sosial yang dibina Kementerian Sosial, dimanapun berada Tagana selalu mengembangkan semangat kesetiakawanan sosial. Karena itu, momentum ramadhan ini tidak disia-siakan untuk digunakan lebih peduli kepada sesama melalui kegiatan kemanusiaan sebagaimana yang diajarkan agama Islam yaitu Hablul Minanas atau mengasihi sesama.


Kegiatan yang dimulai pukul 16.00 WIB, diikuti anggota Tagana se-Surabaya. Menjelang pukul 17.22 WIB, saat masuk adzan maghrib, mereka tampak berjajar membagikan takjil bagi pengendara kendaraan dan pejalan kaki yang melintas. Sebagian lagi tampak sibuk mengatur lalu lintas supaya tidak terjadi kemacetan.

Kegiatan bagi takjil, ditutup dengan buka puasa bersama anggota Tagana di sekitar lapangan patung Gubernur Suryo. Mereka tampak guyub dan rukun, sambil sesekali bercanda dan tertawa lepas, seakan sesekali melupakan beratnya tugas dan aktivitas di daerah bencana. (nanang)