Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Jelang lebaran, Satuan Tugas/Satgas Pangan Kabupaten Sidoarjo melakukan sidak di Pasar Gedangan. Sidak bertujuan memonitoring lonjakan harga, serta tersedianya stok barang kebutuhan pangan. Tim memantau harga komoditi kebutuhan pokok yang beberapa waktu lalu sempat mengalami kenaikan harga. Misalnya bawang putih, bawang merah cabe dan beras.
“Harga relatif stabil. Misalnya, sayur mayur, bawang putih dan cabe. Meski mengalami fluktuasi. Bahkan, bawang putih mengalami penurunan harga,” kata Komandan Satgas Pangan Sidoarjo, Kompol Mohamad Harris Kompol Mohamad Harris, saat sidak belum lama ini. Dari pengecekan terakhir, harga komoditas bawang putih di pasar harganya Rp 33.000/kg.

‘’Hari ini bawang putih dijual Rp 30.000/kg. Berarti harga cenderung turun harga,’’ kata Kompol Harris, yang juga menjabat Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo. Harris menyampaikan, hingga saat ini, pihaknya memonitoring terus, dan belum ditemukan pihak ketiga yang memanfaatkan situasi ini. Tidak ada kenaikan harga yang menonjol. Ini menunjukan tersedianya barang kebutuhan hingga lebaran nanti.

Kepala bidang perdagangan Disperindag Kabupaten Sidoarjo, Listyaningsih, menambahkan, operasi pasar tetap dilakukan hingga lebaran. Sehingga masyarakat bisa memenuhi kebutuhan selama ramadhan hingga lebaran. “Bersama Bulog kami mengadakan operasi pasar. Juga melakukan kegiatan paket sembako murah, dengan menyediakan 3000 kupon, yang akan dilaksanakan pada 24 Mei ini di GOR Delta Sidoarjo. Karena keterbatasan anggaran, kegiatan ini hanya untuk warga sekitar GOR,” jelas Listyaningsih, yang ikut Sidak. Selain itu, tim sidak ini, juga melakukan sidak di gudang logistik Indomaret Gedangan. (uko)