Surabaya, (bisnissurabaya.com) – Sedikitnya ada 70 taman baru yang tersebar di Kota Pahlawan. Rinciannya, Surabaya Pusat sebanyak 4 taman, Surabaya Utara 10 taman, Surabaya Selatan 16 taman, Surabaya Timur 26 taman dan Surabaya Barat 14 taman. Secara simbolis, peresmian 70 taman itu dilakukan oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, bertempat di taman harmoni Keputih Surabaya. Peresmian itu juga menjadi kado istimewa di hari jadi Kota Surabaya ke-726.

Salah satu taman yang baru saja diresmikan itu adalah taman ex incinerator, yang merupakan bagian dari taman Harmoni Keputih. Taman baru itu memiliki luas mencapai 2,8 hektar dengan luasan lahan yang sudah dibangun tahun 2019 mencapai 1,2 hektar. Walikota Risma mengatakan pembangunan taman exincinerator yang menjadi bagian dari taman Harmoni itu dalam rangka pemerataan pembangunan di Kota Surabaya.

Selain itu, bertujuan untuk menyuburkan kembali tanah yang sebelumnya merupakan eks tempat pembuangan akhir/tpa sampah, setelah 11 tahun ditutup. Sebelumnya, taman ex-incinerator ini merupakan bekas tempat pengolahan sampah yang kemudian disulap menjadi sebuah konsep taman yang menarik. Bahkan, di taman ini terdapat sarana ruang publik kreatif, seperti teater terbuka berbentuk lingkaran dan ruang khusus pameran hasil karya warga Surabaya. Apalagi taman ini memang dikhususkan untuk ruang publik kreatif.

Selain sebagai ruang publik kreatif, taman ex incinerator juga merupakan taman lingkungan. Karena itu, Walikota Risma berharap, melalui taman tersebut ke depan dapat menjadi wadah untuk mencari solusi berbagai permasalahan Kota Surabaya. Walikota yang juga menjabat sebagai presiden uclg aspac ini mengungkapkan sebanyak 400 lebih taman yang tersebar di kota surabaya bertujuan untuk penghijaun Kota. Sekitar 30 persen Kota Surabaya dipenuhi oleh taman yang bermanfaat untuk menurunkan suhu udara. Hasilnya, saat ini suhu udara di Kota Surabaya telah turun sekitar dua derajat celcius.(stady/stv)