Banyuwangi, (bisnissurabaya.com)- Pohon kelapa salah satu jenis tanaman yang banyak dikembangkan di Bumi Blambangan. Jika berkembang bagus, jenis tanaman ini bisa tumbuh setinggi puluhan meter. Di tangan sebagian orang, pohon kelapa ini bisa dibuat menjadi bonsai yang bernilai seni tinggi dan bernilai mahal.

Hal ini, diakui Iwan, salah satu penghobi bonsai kelapa asal Desa Purwoharjo, Banyuwangi yang mengatakan, belum banyak orang mengenal bonsai kelapa. Meski, sejatinya penggemar bonsai kelapa di Indonesia cukup banyak.

Saat ini, kata Iwan, di Banyuwangi sudah terbentuk group medsos bonsai kelapa Banyuwangi. Anggotanya berangkat dari hobi yang sama. Yakni, menggemari bonsai kelapa. “Selain sebagai sarana hiburan, adanya group ini juga bisa sebagai ajang sharing antar anggota,” kata Iwan. Anggota group bonsai kelapa Banyuwangi ini terdiri dari berbagai kawasan. Seperti dari Kalibaru, Rogojampi, Purwoharjo dan Ketapang.

Kini ada 138 anggota. Group bonsai kelapa Banyuwangi ini terbentuk enam bulan silam. Sementara, komunitas bonsai kelapa Indonesia sudah berdiri sejak 2 tahun. “Ihwal terbentuknya group bonsai kelapa Banyuwangi ini berawal dari pertemuan kami di komunitas bonsai kelapa Indonesia,” ungkap Iwan.

Kegiatan rutin para anggota menggelar kopi darat. Selain mengenalkan bonsai kelapa secara online, kegiatan anggota group juga mengenalkan bonsai kelapa secara offline. Salah satunya, mengikuti kegiatan pameran. Di Banyuwangi sendiri belum ada kontes bonsai kelapa.

Menurut Iwan, untuk membuat bonsai kelapa tak perlu memakan waktu puluhan tahun seperti membuat tanaman bonsai lainnya. “Hanya, perlu waktu 9 bulan sampai setahun,” ucap Iwan selaku admin group.

Keunikan bonsai kelapa ini km kata Iwan, bisa dilihat dari bentuk daun sampai akar. Makin unik, makin tua usianya, harganya kian mahal. Harga bonsai kelapa ini dibandrol mulai dari harga Rp 200.000 – Rp 10 juta per pohon. Tergantung keunikan. Peminat bonsai kelapa ini cukup banyak. Selain masyarakat lokal juga luar daerah. Seperti Bali, Surabaya dan Madura.

Jenis kelapa yang bisa dibuat bonsai, kata Iwan, hampir semua jenis kelapa bisa. Namun, jenis kelapa gading paling bagus. Bonsai kelapa dalam pot sendiri tak bisa berbuah. Iwan, sudah menekuni hobi bonsai kelapa sejak dua tahun. “Ini hobi yang menghasilkan,” ucapnya. Saat ini para anggota group bonsai kelapa juga makin kreatif dengan membuat karya bonsai kelapa. Salah satunya, buah kelapa yang sudah bertunas dibentuk menjadi hiasan wajah orang yang unik. (tin)