Malang,(bisnissurabaya.com) – Gempa bumi bermagnitudo 4,9 Kamis malam terjadi di barat daya Kabupaten Malang.

Ya, gempa itu terjadi di laut dengan kedalaman 10 kilometer. Dengan getaran gempa juga dirasakan oleh warga Blitar. “Iya benar, ada gempa bermagnitudo 4,9, pada Kamis malam berpusat di laut dengan kedalaman 10 kilometer, pada lokasi 82 kilometer arah barat daya dari Kabupaten Malang,” kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Geofisika Kelas III Karangkates, Sumberpucung, Kabupaten Malang, Musripan, jumat (17/5) siang.

Musripan menjelaskan, dari perekaman, gempa terjadi pada pukul 21.39.01 WIB. Gempa bukan hanya dirasakan oleh warga Kota Malang dan Kabupaten Malang, namun juga berdampak hingga Pacitan, Blitar, dan Lumajang.

“Kekuatan hanya II-III MMI saja, atau getaran yang dirasakan seperti dampak kendaraan besar yang melintas,” jelasnya.

Namun, ini lanjut Musripn, merupakan gempa terbesar yang dirasakan pada Mei 2019 ini. Sebelumnya, memang terjadi gempa namun kekuatannya tidak mencapai 4,9 SR. “Ini pertama dan terbesar di bulan Mei. Belum terlaporkan adanya gempa susulan setelah gempa pertama terjadi,” imbuhnya.

Sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya kerusakan akibat gempa bumi itu. Jauh sebelum terjadi gempa, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Geofisika Kelas III Karangkates aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat di pesisir Kabupaten Malang untuk mengantisipasi adanya gempa bumi.(ton)