Ngawi, (bisnissurabaya.com) – Giliran kabupaten ini  untuk tampil di ibukota negara. Dinas Pariwisata dan Olah Raga (Disparpora)  Kabupaten Ngawi dipercaya mewakili provinsi Jawa Timur dalam gelar promosi potensi daerah. Setiap daerah memiliki nilai kearifan budaya lokal yang bagus dan eksotis, sehingga mampu punya daya pikat sendiri.
Disparpora   Ngawi  mempromosikan kabupaten ini   mewakili Provinsi Jawa Timur melalui Pesona Budaya Jatim 2019 di Anjungan Jatim TMII (belum lama ini).
Adapun kesenian yang ditampilkan mulai dari cokekan, tari jaranan, tari bedhaya puji pangesthu, tari sigrak kenya ngigel, tari sang wirorani semua dari Sanggar Ngujiwat Paron Ngawi. Pelatih sanggar   sudah cukup ternama yaitu  Nanik dan Bagus serta binaan dari Rudiyanto bersama Disparpora Kabupaten Ngawi. Kabupaten Ngawi tampil dengan mengusung budaya lokal Ngawi yang mempunyai nilai eksotis, dan memiliki daya pikat menarik untuk dipamerkan.
Penampilan  tersebut menyedot ribuan anemo masyarakat Jakarta dan sekitarnya.  Juga  para Duta Besar Negara Sahabat turut menyaksikan.  Diharapkan mereka bisa mengajak dan mempromosikan  kepada wisatawan negaranya untuk berkunjung ke Ngawi. Mengingat banyak tempat indah dan menarik di  Ngawi seperti  dengan Air Terjun Pengantin, Srambang Park, Air Terjun Suwono (Suwono Waterfall) Museum Trinil yang mendunia, Selondo yang terkenal dengan Kopinya Kebun Teh Jamus  dengan Teh Radjanya dan masih banyak lagi tempat wisata yang menarik lainnya. Di Ngawi  produk unggulan  dikelola oleh Pokdarwis binaan Disparpora.
Keseniannya, terkenal dengan tari orek-orek Ngawi. Sekdin Disparpora Ngawi  Mahmud Rosyadi mengatakan setiap daerah di Kabupaten Ngawi mempunyai nilai kearifan budaya lokal dan daya pikat tersendiri. Oleh karena itu  pada kesempatan  tampil di Anjungan TMII, Ngawi mencoba  memperkenalkan budayanya, kuliner serta pamer wisata yang patut dikunjungi.
Destinasi wisata sebagai sarana liburan itu seperti  Jamus, Tawun, Srambang Park, Museum Trinil, Benteng Pendem Van Den Bosch, Waduk Pondok, Monumen suryo , Air Terjun Pengantin, Seloondo dan masih banyak lagi.  “Maka dari itu  kami membawa duta seni sejumlah 137 orang demi tampil di acara ini,” tambah Mahmud.
Dalam acara Gelar Pesona Budaya Jatim 2019 hadir pula 30 Duta Besar dari mancanegara. Serta   mengundang para investor asli dari Kabupaten Ngawi yang akan diajak kerjasama demi kemajuan Ngawi. (eko)