Malang, (bisnissurabaya.com) – Normalisasi saluran air di daerah irigasi Jaruman Tumpukrenteng Kecamatan Turen Kabupaten Malang untuk memperlancar dan mencukupi kebutuhan. Khususnya untuk pengairan irigasi persawahan di daerah tersebut. Dalam hal ini, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Kabupaten Malang melakukan kegiatan tersebut agar dapat mencukupi kebutuhan air yang mengairi sawah.

Plt Kadis PU Sumber Daya Air Kabupaten Malang, Avicenna Medisica Saniputera, mengatakan, pihaknya  berupaya mendukung dan meningkatkan perekonomian masyarakat petani melalui peningkatan hasil produksi pertanian. ‘’Dengan meningkatkan ketersediaan air irigasi, memperbaiki saluran air yang ada di sekitar sungai serta larangan membuang sampah di sungai agar saluran air lancar,’’ kata Avi, di Malang Selasa (14/5) siang.

Peningkatan jaringan irigasi adalah untuk meningkatkan fungsi dan kualitas jaringan irigasi yang sudah ada agar petani lebih mudah bercocok tanam dengan terjaminnya pemenuhan kebutuhan air irigasi. Selain itu Dinas Pengairan juga terus melakukan pengerukan, pembuatan tanggul sungai, cek dam serta membuat saluran pengalih alur sungai agar air sungai bisa mengalir lancar dan tidak meluap ke perumahan warga.

Pengerukan dengan eskavator besar menjadi prioritas karena sungai di beberapa wilayah Malang Selatan mengalami pendangkalan serius. Selain normalisasi saluran yang dilakukan secara rutin Dinas PU Sumber Daya Air juga memprioritaskan pintu air di sembilan unit pelaksana teknis daerah (UPTD) khususnya di bendungan. (yuli)