Sidoarjo, (bisnissurabaya.com) – Dalam rangka mewujudkan situasi kamtibmas aman dan kondusif di wilayah Polresta Sidoarjo mengadakan rapat koordinasi bersama Forkopimda dan tokoh agama Kabupaten Sidoarjo, Jumat (10/5) lalu. Hal itu dalam rangka cipta kondisi menghadapi pengamanan ramadhan dan lebaran.

Tujuan dilaksanakannya rakor ini, sebagai upaya mewujudkan kondusifitas kamtibmas pada saat puasa ramadhan dan jelang Hari Raya Idul Fitri. Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, mengatakan, puasa ramadhan bersamaan dengan proses penghitungan suara Pemilu 2019, namun sampai saat ini situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Sidoarjo masih aman dan kondusif.

“Puasa ramadhan yang sudah berjalan kamtibmas di wilayah kita aman dan kondusif. Berbagai upaya cipta kondisi juga telah kami lakukan bersama TNI. Terhadap bahaya-bahaya penyakit masyarakat, dengan langkah seperti ini diharapkan berbagai gangguan kamtibmas dapat dicegah aparat keamanan,” kata Kapolresta Sidoarjo.

Selanjutnya, kata dia, adalah langkah pengamanan lebaran. Antisipasi berbagai kerawanan saat mudik lebaran, baik kerawanan di jalan raya maupun tempat tinggal warga. “Karenanya polisi bersama personel gabungan terus menggiatkan patroli menyisir tempat-tempat rawan,” lanjutnya.

Sementara Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin mengapresiasi upaya Polri, TNI, berbagai elemen masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, terkait keberhasilan mengamankan dan mensukseskan Pemilu 2019, di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Terkait dengan rakor cipta kondisi pengamanan puasa ramadhan dan lebaran di Mapolresta Sidoarjo, Wabup mengatakan Pemkab Sidoarjo juga mendukung langkah-langkah cipta kondisi berupa operasi penyakit masyarakat, yang mana telah dikeluarkannya edaran berupa himbauan kepada masyarakat.

Rakor ini juga dihadiri Ketua MUI Jatim KH Abdussomad Buchori, menyampaikan agar ibadah puasa dijadikan momen peningkatan amal ibadah. Jangan sampai ada perbedaan paham yang dapat mengganggu kamtibmas di wilayah kita selama ramadhan ini, khususnya jelang lebaran. (uko)